Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23, Siap Hadapi Thailand

Striker Timnas Indonesia U23 Ramadhan Sananta

Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23, Siap Hadapi Thailand – Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala AFF U-23 2023. Tim asuhan Shin Tae-yong ini lolos sebagai runner-up terbaik dari tiga grup yang ada. Di babak semifinal, Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan tuan rumah Thailand pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Piala AFF U-23 2023 merupakan turnamen sepakbola antar negara-negara Asia Tenggara yang digelar di Rayong, Thailand. Turnamen ini diikuti oleh 10 tim yang dibagi menjadi tiga grup. Grup A terdiri dari Thailand, Myanmar, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Sedangkan grup B terdiri dari Malaysia, Indonesia, dan Timor Leste. Grup C terdiri dari Vietnam, Filipina, dan Laos.

Kiprah Timnas Selama AFF U-23 2023

Timnas Indonesia U-23 berada di Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste. Di laga pertama, Timnas Indonesia U-23 kalah 1-2 dari Malaysia. Gol tunggal Timnas Indonesia U-23 dicetak oleh Ramadhan Sananta pada menit ke-90. Di laga kedua, Timnas Indonesia U-23 bangkit dengan mengalahkan Timor Leste 1-0. Gol kemenangan Timnas Indonesia U-23 kembali dicetak oleh Ramadhan Sananta pada menit ke-67.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-23 menduduki posisi kedua Grup B dengan tiga poin. Namun, posisi ini belum cukup untuk memastikan tiket ke semifinal. Timnas Indonesia U-23 harus menunggu hasil akhir grup-grup lain untuk mengamankan tiket lolos semifinal sebagai tim peringkat dua terbaik.

Timnas Indonesia U23 Lolos Ke Semifinal Piala AFF U-23

Keberuntungan pun berpihak kepada Timnas Indonesia U-23. Pada Selasa malam WIB, 22 Agustus 2023, Malaysia dan Vietnam berhasil mengalahkan lawan-lawannya di laga terakhir fase grup.

Malaysia menang 3-1 atas Timor Leste di Grup B, Sedangkan Vietnam menang 1-0 atas Filipina di Grup C. Hasil ini membuat Malaysia dan Vietnam menjadi juara grup masing-masing dengan enam poin.Dengan demikian, Timnas Indonesia U-23 menjadi runner-up terbaik dari tiga grup yang ada.

Perhitungan Timnas Indonesia Jadi Runner-up Terbaik

Perhitungannya adalah sebagai berikut: Kamboja yang menjadi runner-up Grup A mendapatkan empat poin dari tiga laga. Namun, kemenangan atas tim terbawah, yaitu Brunei Darussalam tidak dihitung, jadi mereka dianggap hanya mengemas satu poin.

Sedangkan Filipina yang menjadi runner-up Grup C hanya mendapatkan satu poin dari dua laga. Hasil di atas membuat timnas Indonesia U-23 yang menjadi runner-up Grup B mendapatkan tiga poin dari dua laga.

Tuan Rumah Thailand Menunggu di Semi Final AFF U23

Dengan hasil ini, pertandingan semifinal Piala AFF U-23 2023 akan mempertemukan duel Malaysia vs Vietnam dan Thailand vs Indonesia. Kedua pertandingan ini akan berlangsung di Rayong Provincial Stadium pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Timnas Indonesia U-23 tentu tidak akan mudah menghadapi Thailand di semifinal. Thailand merupakan tim tuan rumah yang memiliki dukungan penuh dari pendukungnya. Timnas gajah putih juga merupakan juara Grup A dengan meraih sembilan poin dari tiga laga. Thailand menang 2-0 atas Myanmar, 4-0 atas Brunei Darussalam, dan 2-1 atas Kamboja.

Namun, Timnas Indonesia U-23 tidak akan menyerah begitu saja. Tim asuhan Shin Tae-yong ini memiliki motivasi tinggi untuk membuktikan diri sebagai tim terbaik di Asia Tenggara.

Timnas Indonesia U-23 juga memiliki modal positif dengan meraih gelar juara Piala AFF U-23 pada tahun 2019 lalu. Selain itu, Timnas Indonesia U-23 juga memiliki pemain-pemain berkualitas seperti Ramadhan Sananta, dkk.

Timnas Indonesia U-23 siap berjuang habis-habisan untuk melaju ke final Piala AFF U-23 2023. Semoga Timnas Indonesia U-23 bisa menunjukkan performa terbaiknya dan mengharumkan nama bangsa di kancah sepakbola Asia Tenggara. Ayo dukung Timnas Indonesia U-23 ya pembaca SpeakBola, Vamos!

Baca juga:
8 Pemain Sepakbola yang Menolak Tawaran dari Tim Arab Saudi
5 Pemain dengan Jumlah Gol Terbanyak dari Tendangan Bebas Sepanjang Sejarah
10 Pemain Sepakbola Terbaik di Musim 2022/2023, Messi Masih Jadi Nomor Satu