6 Pemain Sepak Bola Indonesia yang Bermain di Luar Negeri, Bagus Kahfi Yang Terbaru

(speakbola.com) –  Belakangan publik sepak bola Indonesia disuguhkan tentang berita kepindahan Egy Maulana dan Witan Sulaeman ke klub baru mereka di Eropa. Witan Sulaeman bergabung dengan Tim asal Slovakia, As Trencin dan Egy bergabung dengan tim dari negara yang sama yaitu FC Vion Zlate Moravce.

Selain mereka berdua, ada beberapa pemain sepak bola Indonesia yang juga masih aktif bermain di luar negeri. Inilah 5 Pemain Indonesia yang bermain di luar negeri dirangkum dalam rubrik offside.

Arhan Pratama – Tokyo Verdy

1. Pratama Arhan

Pemain yang sebelumnya bermain di PSIS ini melakukan lompatan besar dalam karirnya. Arho sapaan akrabnya, memilih untuk menjadi pemain bola yang bermain di luar negeri dengan bergabung bersama klub J-League 2, Tokyo Verdy. Pemain yang berposisi bek kiri ini memiliki kecepatan dan lemparan ke dalam yang akurat. Kemampuan itu yang membuat Tokyo Verdy tertarik untuk meminang Arhan.

Nama Arhan naik ketika ia menjadi bintang Timnas Indonesia yang paling disorot selama gelaran Piala AFF 2020.  Arhan  juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik di kompetisi antar-negara Asia Tenggara tersebut. Bek Timnas Indonesia itu sudah melakukan debut di Tokyo Verdy kala mengahadapi Tochigi SC.

2. Elkan Baggott

Elkan William Tio Baggott, adalah seorang pemain sepak bola profesional berkewarganegaraan Indonesia yang bermain sebagai bek tengah untuk Gillingham FC di EFL League Two dan tim nasional Indonesia. Baggott pindah ke Gillingham dengan status pinjaman dari Ipwisch.

Dengan tinggi 194 cm, ia adalah profile yang pas untuk menjadi bek tengah. Pemain binaan akademi Ipswich Town itu juga sudah beberapa kali dipanggil ke Timnas Indonesia. Ia bahkan sudah menyumbang 2 gol, 1 dicetak saat membela timnas di gelaran AFF 2020, dan satu lagi di Kualifikasi Piala Asia 2023 ketika melawan Nepal.

3. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam juga memilih menjadi pemain Indonesia yang merumput di luar negeri. Kini pemain yang genap berusia 22 tahun ini bergabung di klub K-League 2, Ansan Greeners. Asnawi Mangkualam mengorbankan nilai kontraknya demi bermain untuk Ansan Greeners FC.

Pemain kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan itu bakal menerima gaji yang lebih kecil ketimbang di PSM. Sampai berita ini ditulis, Asnawi sudah sukses mebukukan 2 gol untuk Ansan Greeners.

Asnawi Mangkualam menjadikan Ansan Greeners FC sebagai batu loncatan dalam kariernya. Menurut Asnawi, dirinya memiliki mimpi dan target yang lebih besar lagi pada masa depan.

4. Witan Sulaeman

AS Trencin telah resmi mendaratkan Witan Sulaeman ke Liga Slovakia pada bursa transfer musim panas 2022. Witan Sulaeman diboyong oleh AS Trencin secara gratis alias bebas transfer. Hal tersebut terjadi karena Witan Sulaeman telah memutuskan kontrak dengan klub lamanya, Lechia Gdansk.

Pemain lincah ini  dikontrak selama dua musim oleh Trencin. Witan Sulaeman mengaku senang. Pasalnya, di tim barunya, dia disambut dengan hangat.

5. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri dikontrak selama setahun oleh klub FC Vion Zlate Morasve. Kontrak Egy di FC Vion juga memiliki opsi perpanjangan satu tahun jika syarat-syaratnya terpenuhi.

Ini adalah kali kedua bagi Egy Maulana Vikri menjadi pemain sepak bola Indonesia yang bermain di Liga Slovakia. Sebelumnya ia bersama Witan Sulaeman pernah membela klub FK Senica.

FC Vion pun tak sabar untuk bekerja sama dengan pemain berusia 22 tahun ini. Mereka berharap Egy bisa membawa dampak positif dalam permainan tim.

6. Pemain Bola Indonesia Terbaru yang Bermain di Luar Negeri: Bagus Kahfi

Bagus Kahfi resmi menjadi pemain indonesia yang bermain di luar negeri terbarru usai bergabung dengan klub Yunani, Asteras Tripolis. Masa depan Bagus Kahfi akhirnya terjawab. Setelah tidak lagi memperkuat Jong Utrecht, penyerang berumur 21 tahun itu akhirnya meneruskan karier ke Asteras Tripolis FC.

Bersama tim barunya, pemain kelahiran Magelang ini akan menggunakan nomor punggung 88. Kedatangan Bagus Kahfi diharapkan mampu menambah daya gedor Asteras Tripolis FC. Selain itu, bermain di Asteras Tripolis FC juga bagus untuk karier Bagus Kahfi.

Speakers, Mana pemain favorit kalian? Semoga semakin banyak pemain sepak bola Indonesia yang bisa bermain diluar negeri ya.

Ikuti terus speakbola untuk dapat berita terkini dan unikdari dunia sepak bola.

Bicara bola ya speakbola aja!