Profil Neymar: The Next Pele yang Makin Meredup

Profil Neymar

Profil Neymar – Penggemar sepak bola seluruh dunia pasti tak asing dengan nama Neymar Jr. Pemain asal Brasil ini telah menjadi sorotan sejak usia dini dan dianggap sebagai “The Next Pele”, mengacu pada legenda sepak bola Brasil lainnya. 

Namun, apakah Neymar mampu melegenda seperti Pele, ataukah akan meredup seiring berjalannya waktu?

Awal Karir

Pertama, Neymar da Silva Santos Junior, yang lebih dikenal dengan nama Neymar Jr., lahir pada 5 Februari 1992 di Mogi das Cruzes, Brasil. Bakat sepak bolanya terlihat jelas sejak dini, dan ia segera menarik perhatian para klub sepak bola. 

Pada usia yang masih sangat muda, Neymar bergabung dengan akademi sepak bola Santos FC di Brasil. Di sana, ia menunjukkan bakat mengolah bola yang luar biasa. Hingga kemudian banyak klub Eropa yang mulai memantau bakatnya.

Bersinar di Barcelona

Kemudian, di tahun 2013, Neymar membuat langkah berani dengan pindah ke FC Barcelona. Dia bergabung dengan tim yang dipimpin oleh Lionel Messi dan Luis Suarez, membentuk trio penyerang yang dikenal dengan sebutan “MSN”. 

Menggawangi lini depan Barca bersama Messi dan Suarez, Neymar mencetak banyak gol dan memenangkan berbagai gelar, termasuk Liga Champions UEFA. Bahkan, karirnya di Barcelona  adalah di mana ia berada dalam masa keemasannya.

Pindah ke PSG

Lalu, Tahun 2017 menjadi tahun penting dalam karir Neymar, di mana ia bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) dengan transfer rekor dunia pada saat itu. Meski telah menunjukkan kualitasnya dalam liga Prancis, keputusan ini juga menarik kritik karena dianggap meninggalkan Barcelona hanya untuk kepentingan finansial.

Tak seperti saat di Barca, di PSG Neymar sering mendapati cedera. Meski menjadi tumpuan di klub, Neymar tidak mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya saat bermain di klub ibukota Paris tersebut. 

Cedera dan Kontroversi

Selama berada di Paris Saint-Germain, Neymar tidak luput dari kontroversi di dalam dan luar lapangan. Beberapa cedera seriusjuga membuatnya absen dalam beberapa pertandingan kunci. Sementara insiden di media sosial dan pernyataan kontroversial juga membuat citranya tercoreng.

Semua hal tersebut seakan membuat penampilan Neymar di atas lapangan makin meredup. Julukan The Next Pele sepertinya hilang seiring dengan kemampuannya yang juga menurun. Apalagi, usianya kini juga sudah membuat dirinya gesit seperti dulu.

Semakin Meredup?

Meskipun awalnya dianggap sebagai penerus Pele, Neymar mungkin belum sepenuhnya memenuhi ekspektasi yang begitu tinggi. Pergantian klub, kontroversi, dan cedera telah mempengaruhi perjalanan kariernya. 

Meski begitu, Neymar masih menjadi sebagai salah satu pemain paling berbakat di dunia dengan kemampuan yang luar biasa. Namun, daripada mendapatkan performanya kembali di Eropa, ia justru memilih untuk pindah ke Liga Arab Saudi. 

Terakhir,  profil Neymar Jr. masih mencuri perhatian sebagai salah satu pemain sepak bola terkenal di dunia. Meskipun beberapa kontroversi dan kendala telah mewarnai perjalanannya, kemampuan teknikal dan bakat alaminya tetap tak terbantahkan. Apakah Neymar akan kembali bersinar seperti “The Next Pele” ataukah cahayanya akan semakin meredup? hanya waktu yang akan memberikan jawabannya.