5 Pemain Muda Terbaik, Wonderkid Piala Dunia 2022

(speakbola.com) Apa yang membuat Piala Dunia menarik? Persaingan! Persaingan antar negara untuk menjadi juara. Tapi berbicara soal Piala Dunia tidak habis sampai di situ saja. Sebagai arena unjuk kepiawaian sepak bola, Piala Dunia juga membuka ruang bagi tiap pemain untuk bersaing unjuk skill, baik itu bagi pemain senior yang sudah mapan di Timnasnya maupun pemain muda terbaik yang berhasil masuk skuad Timnas.

Para pemain muda terbaik ini punya kesempatan besar untuk memanfaatkan panggung Piala Dunia 2022 nanti di Qatar sebagai batu loncatan untuk karir mereka. Sebab, jika mereka berhasil tampil baik bersama negaranya di sana, akan banyak klub-klub besar yang berminat untuk merekrut mereka. 

Siapa saja kira-kira pemain muda berbakat yang akan tampil bersinar di PIala Dunia 2022 nanti? Berikut ini kandidatnya.

Gavi – Spanyol (18 Tahun) | Pemain Muda Terbaik 2022

Gelandang muda Barcelona ini baru saja terpilih sebagai pemain muda terbaik 2022 di ajang Ballon d’Or gala. Gavi berhasil menggondol pulang Kopa Trophy, yang merupakan penghargaan bagi pemain muda terbaik selama satu musim kompetisi. Terpilihnya Gavi mengungguli Eduardo Camavinga dan Jamal Musiala.

Pemain muda berbakat Barcelona ini memang tampil menawan di musim 2021/2022. Ia telah memainkan 60 pertandingan bersama Barcelona dan 12 caps bersama Timnas Spanyol.

Oleh sebab itu, kans Gavi untuk menjadi bagian skuad Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 nanti amat terbuka lebar sebab Gavi memang sudah dipercaya oleh Luis Enrique sebagai gelandang Timnas Spanyol di usia 17 tahun,

Gavi bahkan sudah masuk skuad Timnas Spanyol di ajang UEFA Nations League 2022/2023 yang telah berlangsung sejak Juni 2022 dan rehat sejenak untuk Piala Dunia 2022. Gelandang muda berbakat ini menjadi pencetak gol termuda Spanyol saat melawan Republik Ceko di ajang UEFA Nations League. Saat itu usia gelandang muda ini 17 tahun dan 304 hari.

Rekor Gavi mengalahkan rekor rekan setimnya di Barcelona Ansu Fati, yang satu minggu lebih tua ketika ia mencetak gol pada tahun 2020.

Jika tak ada aral melintang pemain muda berbakat ini sudah dipastikan akan diboyong juga oleh Luis Enrique ke Piala Dunia 2022 Qatar untuk menunjukan aksi terbaiknya.

Pedri – Spanyol (19 Tahun) | Pemain Muda Terbaik 2021

Rekan setim dan senegara Gavi ini adalah pemenang Kopa Trophy 2021. Terpilihnya Pedri menjadi pemain muda terbaik dunia tahun 2021 tak lain adalah berkat prestasi gemilangnya sepanjang musim 2020/2021. Dia seolah menjadi “mesin” dengan catatan 73 kali penampilan untuk klub dan tim nasional di semua ajang. 

Di level klub, sang gelandang muda berhasil mempersembahkan gelar Copa del Rey 2021 untuk Barcelona. Sementara di Timnas Spanyol, Pedri adalah bagian saat timnas Spanyol mentas di Euro 2020. 

Pedri memegang peranan penting dalam langkah La Furia Roja sampai ke partai semifinal sebelum dikalahkan timnas Italia via adu penalti. Kendati demikian, pada akhir turnamen ia sukses meraih gelar individu sebagai pemain muda terbaik Euro 2020. 

Selain itu, Pedri turut bermain kala timnas U23 Spanyol tampil di Olimpiade Tokyo 2020 dan mengakhiri turnamen sebagai runner-up.

Kemungkinan nama Pedri untuk ada di dalam skuad Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar tetap besar menilik rekam jejaknya di Timnas musim lalu walaupun prestasi klub tempat Pedri bermukim saat ini sedang jeblok.

Jamal Musiala – Jerman (19 Tahun) | Pemain Muda Terbaik Ketiga 2022

Jamal Musiala adalah bintang muda Bayern Munich yang sedang naik daun. Ia melakukan debutnya pada akhir musim 2019/2020, dan langsung mencetak gol di umur 17 tahun.

Ia tampil secara konsisten di lini tengah Bayern Munich bersama rekan-rekan seniornya dan sejauh ini sudah mencetak 6 gol dan 3 assist dari 8 laga. Jamal juga dinobatkan sebagai Man of the Match dalam pertandingan Liga Champions 2022/2023, Bayern Munich vs Barcelona.

Di sisi lain, winger muda berbakat ini juga telah melakukan debut yang terbilang sukses bersama Timnas Jerman. Pada 25 Maret 2021, Jamal masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-79 dalam laga kemenangan 3-0 melawan Islandia.

Hingga saat ini pemain muda Jerman ini sudah mencetak satu gol untuk negaranya. Gol itu ia cetak dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2022 saat Der Panzer unggul besar 4-0 atas Makedonia, 11 Oktober 2021.

Baru-baru ini, di pemilihan pemain muda terbaik dunia 2022, di mana Gavi yang keluar sebagai pemenang, Jamal Musiala masuk sebagai nominasi dan berada di urutan ketiga penghargaan itu. 

Karena alasan tersebut, rasanya pantas nama Jamal ada di skuad Timnas Jerman untuk Piala Dunia 2022 Qatar nanti.  Lagi pula, Timnas Jerman memang terkenal hebat dalam menjaga regenerasi skuadnya. Oleh sebab itu, keberadaan Jamal Musiala di Piala Dunia 2022 Qatar amat besar untuk menunjukan bakat mudanya di pentas dunia.

Eduardo Camavinga – Prancis (19 Tahun) | Pemain Muda Terbaik Kedua 2022

Camavinga adalah bagian penting dalam kesuksesan Real Madrid meraih gelar juara Liga Spanyol dan Liga Champions 2021-2022. Meski masih belum bisa menembus skuad utama sebagai pemain reguler, kehadiran Camavinga selalu menjadi pembeda di permainan Los Blancos. Ia telah memperlihatkannya pada leg kedua Liga Champions menghadapi Paris Saint-Germain (PSG), Man City, dan Chelsea, saat Ia menggantikan Luka Modric.

Berkat penampilan apiknya itu, bintang muda asal Prancis ini mulai dipercaya untuk bermain  membela negaranya. Nama gelandang bertahan ini jadi salah satu anggota muda Timnas Prancis di ajang UEFA Nations League 2022/2023. Dia bahkan telah diberikan menit bermain oleh Didier Deschamp di ajang Liga Negara UEFA itu.

Tentu saja bagi pemain yang berada di posisi kedua pemain muda terbaik dunia 2022 ini, diberikan menit bermain yang banyak di Piala Dunia 2022 Qatar nanti, akan semakin mengembangkan bakat dan karirnya.

Kendati jam terbang Timnasnya terbilang masih sedikit di level senior namun aksi terbaik pemain muda berbakat ini di Piala Dunia 2022 nanti, layak untuk diperhitungkan.

Jude Bellingham – Inggris (19 Tahun) | Pemain Muda Terbaik Kedua 2021

Salah satu pemain muda yang tampil Impresif di Bundesliga. Jude Bellingham pindah dari Birmingham City menuju Borussia Dortmund pada musim panas 2020 dengan mahar senilai 25 juta poundsterling. Keberaniannya menolak Manchester United demi hijrah ke sang raksasa Jerman telah membuat wonderkid asal Inggris ini memperoleh banyak menit bermain.

Walaupun baru berumur 19 tahun, kemampuan sepak bola wonderkid Inggris ini layak dipuji. Bellingham dinilai tidak cocok lagi diperlakukan sebagai pemain muda. Bakatnya yang begitu istimewa harusnya dipandang sebagai pemain senior yang bisa diandalkan oleh suatu tim.

“Dengan mentalitas yang dia miliki, dia tidak perlu lagi diperlakukan sebagai pemain muda yang hanya perlu menit bermain. Dia justru pemain yang perlu bermain di setiap pertandingan.” Lothar Matthaus kepada FourFourTwo.

Lothar Matthaus, legenda sepak bola Jerman, yakin Bellingham bisa menjadi salah satu pemain muda yang menjadi bintang di Piala Dunia 2022 Qatar, asalkan dia diberi kesempatan untuk bermain.

Saat ini gelandang muda Dortmund ini sudah mengoleksi 17 caps bersama Timnas Inggris. Bellingham dipanggil ke skuad senior Inggris untuk pertama kalinya dalam pertandingan persahabatan melawan Republik Irlandia di Wembley, pada 12 November 2020. Saat itu, Ia masuk menggantikan Mason Mount di menit ke-73 dalam kemenangan 3-0.

Di usia 17 tahun, 136 hari, ia telah menjadi pemain internasional termuda ketiga di Inggris setelah Theo Walcott dan Wayne Rooney yang muncul di usia yang lebih muda. Bellingham juga terpilih sebagai nominasi kedua Kopa Trophy 2021, yang dimenangkan oleh Pedri dari Barcelona dan Timnas Spanyol. 

Kendati penampilan Bellingham di ajang UEFA Nations League 2022/2023 tak bisa membawa Inggris lolos dari degradasi, rekam jejak gemilang lainnya dari pemuda berbakat ini, membuatnya pasti diboyong Gareth Southgate menjadi bagian skuad Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022. 

Piala dunia tinggal menghitung hari saja. Sesuai jadwal pesta sepak bola sedunia itu akan dimulai pada Minggu, 20 November 2022. Layak dinantikan aksi para bakat muda ini memberi peran bagi negaranya masing-masing.

Sambil menunggu dimulainya Piala Dunia, Speakers sekalian bisa membaca artikel menarik tentang pemain muda menarik lainnya.

Bicara bola, ya SpeakBola aja!