4 Pemain Langganan Nominasi Ballon d’Or, Ada Siapa Selain Ronaldo dan Messi?

FIFA Ballon D'Or

Nominasi Ballon d’Or – Di olahraga sepakbola, adalah sebuah puncak penghargaan bagi seorang pemain yang tampil memukau setiap tahunnya. Nama penghargaan tersebut adalah Ballon d’Or, sebuah penghargaan individu paling bergengsi.

Sejak pertama kali dibuat pada tahun 1956, Ballon d’Or sudah banyak dimenangkan oleh banyak pesepakbola. Namun, hanya sedikit dari mereka yang menyabet gelar ini beberapa kali. Jangankan meraih, masuk nominasi berkali-kali saja seperti sudah menjadi prestasi yang luar biasa.

Lantas, siapa pemain yang langganan masuk nominasi Ballon d’Or ini? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Johan Cruyff

Johan Cruyff

Pertama ada nama legenda Belanda yaitu Johan Cruyff. Maestro sepakbola ini masuk sebagai peraih Ballon d’Or sebanyak 12 kali loh. Nggak main-main, ia mampu meraih tiga kali trofi ballon emas tersebut. Yaitu pada tahun 1971, 1973, dan 1974.

Bagi yang belum tahu, Johan Cruyff ini dikenal sebagai bapak Tiki-Taka. Ya, ia adalah orang dibalik strategi yang kental dengan Barcelona tersebut. Namanya di dunia sepakbola betul-betul sudah melegenda.

Paolo Maldini

Paolo Maldini

Kedua ada nama Paolo Maldini. Bek berkebangsaan Italia tersebut 13 kali masuk nominasi Ballon d’Or. Namun, ia belum sekalipun memenangi penghargaan paling bergengsi itu. Dia hanya mencapai di tempat ketiga dua kali, yaitu pada 1994 dan 2003.

Tapi masalah prestasi nggak perlu diragukan lagi. Maldini  memenangkan delapan gelar liga dan lima gelar Liga Champions di level klub yang ia bela. Sedangkan di level negara, ia masih belum mampu mempersembahkan gelar.

Lionel Messi

Lionel Messi

Ketiga, tidak bukan dan tidak lain adalah Lionel Messi. Legenda Barcelona dan juga Argentina tersebut sudah 16 kali menjadi kandidat. Nggak hanya itu, sudah punya koleksi tujuh Ballon d’Or sepanjang karirnya.

Jika berbicara prestasi, sudah banyak sekali gelar yang ia miliki. Di level klub, ia sudah memenangi semua gelar. Bahkan, di level negara atau internasional ia juga sudah memiliki semuanya termasuk gelar Piala Dunia.

Cristiano Ronaldo

Terakhir, ada nama Cristiano Ronaldo yang sudah pernah 18 kali masuk dalam kandidat peraih Ballon d’Or. Sedikit di bawah Messi, CR7 mengoleksi trofi Ballon d’Or sebanyak 5 kali. Termasuk salah satu peraih terbanyak.

Sama seperti Messi, Ronaldo sudah memenangkan semua gelar di level klub. Namun, bersama tim nasional Portugal ia belum bisa membawa trofi Piala Dunia. Bersama Messi, ia adalah sosok yang sangat istimewa di dunia sepakbola.