4 Kasus Doping Pemain Sepakbola, Terbaru Ada Paul Pogba

Kasus Doping Pemain Sepakbola

namaKasus doping sepakbola – Sepakbola adalah olahraga yang penuh dengan berbagai hal yang di luar nalar termasuk rahasia gelap. Salah satunya adalah fenomena pemain bola yang menggunakan doping atau obat-obatan terlarang.

Terbaru, terkait kasus doping sepakbola, ada nama Paul Pogba pemain Juventus yang tersandung kasus serupa. Jadi, Pogba dinyatakan positif doping setelah kemenangan 2-0 Juventus melawan Udinese di Serie A pada 20 Agustus.

Lantas siapa saja pemain bola yang pernah tersandung kasus doping ini? Beikut ini untuk beberapa daftarnya ya, Diazens!

Kolo Toure

Kolo Toure

Pertama, ada kasus doping sepakbola yang pernah dialami oleh Kolo Toure. Pada bulan Mei 2011, ketika bermain untuk Manchester City, Kolô Toure menghadapi skorsing dari FA akibat hasil positif dalam tes narkoba yang melibatkan zat terlarang.

Jadi, ia dikenakan hukuman skorsing selama enam bulan dari FA. Namun belum ada keterangan tentang jenis doping apa yang ia gunakan.

Andre Onana

Andre Onana

Kedua, ada nama Andre Onana yang saat ini bermain untuk Manchester United. Sebelumnya, ia pernah tersandung kasus doping saat ia menjadi kiper Ajax Amsterdam.

Nah, saat bermain untuk klub Belanda tersebut, ia dinyatakan gagal tes doping pada Februari 2021 lalu oleh UEFA karena menggunakan zat Furosemide. Namun, dalam keteranagn lain, Onana mengaku bahwa ia tak sengaja meminum obat istrinya yang tengah hamil, sehingga hukumannya dikurangi dari 12 bulan menjadi 9 bulan.

Edgar Davids

Edgar Davids

Kemudian, ada nama Edgar Davids, sosok pemain fenomenal yang pernah ada di awal tahun 2000 an. Namun, namanya sempat tercoreng karena dinyatakan menggunakan obat-obatan terlarang.

Pada masa keemasannya, pemain Belanda ini dinyatakan positif menggunakan zat nandrolone. Lalu, setelah divonis bersalah, ia kembali dinyatakan positif dalam tes narkoba yakni dianggap menggunakan zat steroid anabolik norandrosteron dan noretiocolanolone setelah laga Juventus vs Udinese.

Paul Pogba

Paul Pogba

Terakhir dan juga terbaru, ada nama Paul Pogba yang cukup mengejutkan. Dari berbagai sumber, Paul Pogba diduga gagal tes doping karena menggunakan zat terlarang untuk atlet yang dianggap booster unutk meningkatkan kekuatan, massa otot, dan berat badan tanpa lemak.

Atas hal tersebut, hukuman ataupun skorsing panjang telah menanti Pogba. Gelandang tim nasional Prancis tersebut terancam sanksi dalam waktu amat panjang, yakni sekitar dua hingga empat tahun.

Gimana nih tanggapan kalian tentang kasus doping pemain sepakbola ini?