Fenomena Jersey Bola KW Thailand di Indonesia

(speakbola.com) – Hai Speakers! Tahukah kalian pada tahun 2008-an di Indonesia sempat ada yang namanya fenomena jersey kw Thailand. Apa sih yang dimaksud jersey KW thailand? Kenapa bisa menjadi sebuah fenomena pada saat itu?

Kali ini Speakbola akan coba membahas fenomena tersebut dalam rubrik Bolastori.

berbagai macam jersey bola kw Thailand

Jersey bola adalah bagian penting sebuah klub sepak bola. Jersey merupakan identitas sebuah klub dan juga media untuk pemasukan klub, bisa dari penjualan maupun pemasangan sponsor di jersey klub tersebut.

Semakin maju zaman maka teknologi yang dipakai untuk membuat jersey pun makin maju, Contoh merek Adidas membuat inovasi climacool, ClimaCool mempunyai Micro-Ventilation canggih yang akan menjaga kelembapan serta suhu tubuh si pemakai jersey. Semua dibuat untuk membantu pemain bola agar nyaman sehingga bisa menunjukkan performa yang maksimal.

Tentunya jersey banyak diburu dan dicari oleh para pecinta klub tertentu atau pecinta sepak bola pada umumnya. Level fanatisme pada sebuah klub dan desain jersey juga mempengaruhi permintaan pembelian jersey sebuah tim. Tetapi ungkapan “harga itu gak bohong” memang benar. Rata-rata jersey yang dikeluarkan brand besar seperti Adidas, Puma atau Nike itu lumayan untuk kantong mahasiswa dan pelajar.

Awal Mula Jersey KW

Brand besar biasanya mengeluarkan beberapa jenis spek jersey, seperti jersey player issue, match issue atau pun replika, yang semuanya mendapat lisensi dari klub yang bekerja sama dengan sebuah brand. Semua jenis jersey tadi memiliki harga kisaran 700 ribu sampai 1 juta ke atas. Tentunya sebuah harga yang mahal jika kita tidak terlalu fanatis pada sebuah klub atau bagi kita yang tidak berkantong tebal.

Di sinilah awal mula pasar Thailand melihat celah. Mereka tahu harga yang dijual brand-brand tersebut masih terlalu mahal. Pasar jersey KW Thailand mulai merebak lewat jejaring KasKus pada tahun 2008-an di Indonesia. Hampir semua jersey klub atau negara ada versi kw Thailand. Bahkan milik timnas Indonesia pun juga ada yang kw Thailand.

Perbedaan dengan yang Asli

Jersey kw Thailand dibuat semirip mungkin dengan yang asli, mulai dari lambang hingga patch klub bola dunia dibuat dengan bordir komputer bahkan sampai lambang brand dan hologram juga dibuat dengan bordir komputer. Tampilan luar dari jersey ini pun nyaris terlihat sama dengan yang asli walau tentunya ada perbedaan pada bahan yang dipakai jersey kw.

Perbedaan bahan itu merupakan sebuah kewajaran karena di Indonesia barang ini harganya hanya kisaran 150 ribu sampai 200 ribu, tergantung siapa yang menjual nya. Jika membeli lewat reseller, yang lumayan menjamur pada waktu itu, sudah pasti harganya lebih mahal sedikit dari pada penjual langsung.

Pada era 2008-an jersey kw Thailand marak dijual dan dipakai oleh para pecinta sepak bola Indonesia. Biasa dipakai untuk olahraga maupun untuk sekedar jalan ke mall ataupun untuk nobar.

Hadirnya jersey kw Thailand sangat memfasilitasi para pecinta sepak bola Indonesia yang tidak punya bujet untuk membeli jersey asli. Walaupun, pasti ada kontra dalam kasus ini seperti hak lisensi dan lain lain yang berhubungan dengan hak intelektual si pemilik brand dan lain lain.

Pada akhirnya selama masih terlihat bagus dari luar dan nyaman dipakai peduli setan apa yang dikatakan orang soal asli atau tidaknya sebuah jersey. Kalo ada yang murah kenapa gak? Mungkin begitulah kiranya kata yang pas untuk menggambarkannya.

Nah speakers, begitulah cerita bolastori pada edisi kali ini. Apakah kalian termasuk yang punya jersey kw Thailand? Hayo ngaku! Tetap ikuti berita bola terkini dan unik di speakbola.com. Bicara bola ya Speakbola aja!