5 Pemain Sepakbola yang Jadi Kiper Dadakan, Siapa Saja?

Deretan Kiper Dadakan di Pertandingan Resmi

5 Pemain Sepakbola yang Jadi Kiper Dadakan, Siapa Saja? – Sepakbola adalah olahraga yang penuh dengan kejutan dan drama. Tidak jarang terjadi situasi yang tidak terduga, seperti pemain yang harus menggantikan posisi kiper karena kiper utama cedera atau mendapat kartu merah. Hal ini tentu saja menimbulkan tantangan dan risiko bagi pemain tersebut, yang mungkin tidak memiliki kemampuan atau pengalaman sebagai penjaga gawang.

Namun, ada juga beberapa pemain yang berhasil menjalankan tugas sebagai kiper dadakan dengan baik, bahkan mampu menunjukkan aksi penyelamatan gemilang. Siapa saja mereka? Berikut adalah lima pemain sepakbola yang pernah menjadi kiper dadakan di pertandingan resmi.

Olivier Giroud (AC Milan)

Oliver Giroud jadi pemain outpost terbaru yang terpaksa jadi kiper dadakan untuk timnya yaitu AC Milan. Hal ini terjadi ketika AC Milan bertemu Genoa  di pekan kedelapan Serie A 2023/2024 di Luigi Ferraris, Minggu (08/10/2023) dini hari WIB.

Milan harus bermain dengan 10 pemain saja karena Mike Maignan dikartu merah pada menit 90+8. Sedangkan di pertandingan ini Milan sudah menggunakan 5 jatah pergantian pemain. Alhasil, posisi kiper digantikan oleh Olivier Giroud. Giroud berhasil tampil cemerlang dengan melakukan satu save dan tak kebobolan hingga akhir laga. Milan pun berhasil mengamankan skor 1-0 dan naik ke puncak klasemen setelah mendapat tambahan tiga angka.

Dani Alves (PSG)

Bek kanan asal Brasil ini dikenal sebagai salah satu pemain yang paling serbaguna di dunia. Selain bisa bermain di berbagai posisi belakang dan tengah, Dani Alves juga pernah menjadi kiper dadakan saat PSG menghadapi Sochaux di Piala Prancis pada tahun 2018.

Saat itu, kiper PSG, Kevin Trapp, mendapat kartu merah di menit ke-90 karena menahan bola dengan tangan di luar kotak penalti. Karena PSG sudah melakukan tiga pergantian pemain, Dani Alves harus mengenakan sarung tangan dan berdiri di bawah mistar gawang. Meski hanya bermain sebagai kiper selama beberapa menit, Dani Alves berhasil menjaga clean sheet dan membawa PSG menang 4-1.

Harry Kane (Tottenham)

Kapten timnas Inggris ini juga pernah menjadi kiper dadakan saat Tottenham melawan Asteras Tripolis di Liga Europa pada tahun 2014. Saat itu, Kane mencetak hat-trick dan membawa Tottenham unggul 5-0.

Namun, di menit ke-87, kiper Tottenham, Hugo Lloris, mendapat kartu merah karena melanggar pemain lawan di kotak penalti. Karena Tottenham sudah habis kuota pergantian pemain, Kane harus menggantikan Lloris sebagai kiper.

Sayangnya, Kane tidak bisa menjaga gawangnya dengan baik dan harus kebobolan satu gol dari tendangan penalti Jeronimo Barrales. Meski begitu, Tottenham tetap menang 5-1 dan Kane tetap menjadi bintang lapangan.

John O’Shea (Manchester United)

Pemain asal Irlandia ini dikenal sebagai salah satu pemain yang bisa bermain di berbagai posisi, termasuk kiper. Hal ini terbukti saat Manchester United menghadapi Tottenham di Liga Inggris pada tahun 2007.

Saat itu, Manchester United unggul 4-0 berkat gol-gol Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, dan Nani. Namun, di menit ke-79, kiper Manchester United, Edwin van der Sar, mengalami cedera di paha setelah melakukan penyelamatan.

Karena Manchester United sudah menggunakan tiga pergantian pemain, John O’Shea harus menggantikan van der Sar sebagai kiper. O’Shea berhasil menunjukkan performa yang solid sebagai kiper dan tidak kebobolan satu gol pun.

John Terry (Chelsea)

Legenda Chelsea ini juga pernah menjadi kiper dadakan saat Chelsea bertemu dengan Reading di Liga Inggris pada tahun 2006. Saat itu, Chelsea sudah unggul 1-0 berkat gol Frank Lampard. Namun, di menit ke-71, kiper Chelsea, Petr Cech, mengalami cedera serius di kepala setelah benturan dengan Stephen Hunt. Cech harus dilarikan ke rumah sakit dan digantikan oleh Carlo Cudicini.

Namun, di menit ke-86, Cudicini juga mengalami cedera setelah benturan dengan Ibrahima Sonko. Karena Chelsea sudah tidak punya kiper cadangan lagi, John Terry harus mengambil alih posisi kiper. Terry berhasil menjaga gawangnya dengan baik dan membantu Chelsea menang 1-0.

Itulah lima pemain sepakbola yang pernah menjadi kiper dadakan di pertandingan resmi. Meski bukan merupakan posisi asli mereka, mereka berhasil menunjukkan dedikasi dan profesionalisme yang tinggi untuk membantu tim mereka. Apakah Anda tahu pemain lain yang pernah menjadi kiper dadakan? Silakan tulis di kolom komentar di bawah ya sobat SpeakBola.

 Baca juga:

5 Kiper Terbaik Dunia Era Ini, Buffon & Casillas Sudah Basi

Apa Itu Kiper Modern dalam Sepak Bola?

Profil Thibaut Courtois, Kiper Utama Real Madrid Yang Sedang Dirundung Cedera