5 Pemain dengan Gol Bunuh Diri Terbanyak di La Liga

5 Pemain dengan Gol Bunuh Diri Terbanyak di La Liga – La Liga adalah salah satu liga sepak bola terbaik dan terpopuler di dunia. Di sini, kita bisa menyaksikan aksi-aksi menawan dari para pemain bintang, baik dalam hal mencetak gol maupun menghalau serangan lawan.

Namun, tak jarang juga kita melihat kejadian-kejadian tak terduga, seperti gol bunuh diri. Gol bunuh diri adalah gol yang tercipta akibat kesalahan pemain dalam mengantisipasi bola yang masuk ke gawang sendiri.

Banyak faktor yang bisa menjadi andil terciptanya gol bunuh diri. Faktor yang umum adalah adanya tekanan lawan, komunikasi yang buruk, atau kurangnya konsentrasi. Gol bunuh diri tentu sangat merugikan bagi tim yang kebobolan, namun bisa menjadi berkah bagi tim yang mendapatkannya.

Siapa saja pemain yang paling sering melakukan gol bunuh diri di La Liga sepanjang masa? Berikut adalah daftarnya.

1. Fernando Cáceres (8 gol)

Fernando Cáceres adalah bek asal Argentina yang pernah bermain untuk Zaragoza, Valencia, Celta Vigo, dan Córdoba di La Liga. Ia dikenal sebagai bek tangguh dan berpengalaman, namun juga memiliki catatan buruk dalam hal gol bunuh diri.

Cáceres mencetak delapan gol bunuh diri selama kariernya di La Liga, yang merupakan rekor tertinggi sepanjang masa. Gol bunuh diri pertamanya terjadi pada tahun 1993 saat ia masih membela Zaragoza melawan Real Madrid.

Gol bunuh diri terakhirnya terjadi pada tahun 2004 saat ia sudah berusia 35 tahun dan membela Córdoba melawan Espanyol. Cáceres mencetak gol bunuh diri dengan cara yang aneh, yaitu dengan menendang bola ke arah gawang sendiri dari jarak 30 meter.

2. Juanfran (7 gol)

Juanfran adalah bek asal Spanyol yang pernah bermain untuk Levante, Real Madrid, Espanyol, Osasuna, dan Atlético Madrid di La Liga. Ia dikenal sebagai bek kanan yang handal dan rajin naik turun membantu serangan dan pertahanan timnya.

Namun, Juanfran juga memiliki kelemahan dalam hal gol bunuh diri. Ia mencetak tujuh gol bunuh diri selama kariernya di La Liga, yang merupakan rekor tertinggi kedua sepanjang masa.

Gol bunuh diri pertamanya terjadi pada tahun 2005 saat ia masih membela Espanyol melawan Mallorca. Gol bunuh diri terakhirnya terjadi pada tahun 2019 saat ia sudah berusia 34 tahun dan membela Atlético Madrid melawan Girona.

3. Sergio Ramos (7 gol)

Sergio Ramos adalah bek asal Spanyol yang pernah bermain untuk Sevilla dan Real Madrid di La Liga. Ia dikenal sebagai salah satu bek terbaik di dunia saat ini, baik dalam hal bertahan maupun menyerang.

Ramos memiliki koleksi gelar yang luar biasa, baik bersama klub maupun tim nasional. Ia juga merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk seorang bek di La Liga dengan 72 gol.

Namun, Ramos juga memiliki catatan buruk dalam hal gol bunuh diri. Ia mencetak tujuh gol bunuh diri selama kariernya di La Liga, yang merupakan rekor tertinggi ketiga sepanjang masa.

Yang unik, ketiga gol bunuh dirinya terjadi saat ia bermain melawan mantan klubnya, Sevilla. Gol bunuh diri pertamanya terjadi pada tahun 2017, gol bunuh diri kedua terjadi pada tahun 2018, dan gol bunuh diri ketiga terjadi pada tahun 2020.

Terbaru, Sergio Ramos yang kini membela Sevilla kembali mencetak gol bunuh diri pada La Liga Musim 2023 kala Sevilla bertemu Barcelona di pekan ke-6. Alhasil, Sevilla harus takluk di kandang Barcelona dengan skor 0-1.

4. Diego Godín (5 gol)

Diego Godín adalah bek asal Uruguay yang pernah bermain untuk Villarreal dan Atlético Madrid di La Liga. Ia dikenal sebagai bek tengah yang tangguh dan berjiwa pemimpin, baik di klub maupun di tim nasional.

Godín memiliki peran penting dalam kesuksesan Atlético Madrid dalam beberapa tahun terakhir. Ia membantu timnya meraih berbagai gelar, seperti La Liga, Copa del Rey, Liga Europa, dan Piala Super Eropa.

Namun, Godín juga memiliki catatan buruk dalam hal gol bunuh diri. Ia mencetak lima gol bunuh diri selama kariernya di La Liga, yang merupakan rekor tertinggi keempat sepanjang masa.

Gol bunuh diri pertamanya terjadi pada tahun 2010 saat ia masih membela Villarreal melawan Barcelona. Gol bunuh diri terakhirnya terjadi pada tahun 2019 saat ia sudah membela Atlético Madrid melawan Girona.

5. Roberto Ayala (4 gol)

Roberto Ayala adalah bek asal Argentina yang pernah bermain untuk Valencia dan Real Zaragoza di La Liga. Ia dikenal sebagai salah satu bek terbaik di dunia pada masanya, baik dalam hal bertahan maupun mencetak gol.

Ayala memiliki kontribusi besar dalam kejayaan Valencia pada awal abad ke-21. Ia membantu timnya meraih dua gelar La Liga, satu gelar Copa del Rey, dua gelar Piala UEFA, dan satu gelar Piala Super Eropa.

Namun, Ayala juga memiliki catatan buruk dalam hal gol bunuh diri. Ia mencetak empat gol bunuh diri selama kariernya di La Liga, yang merupakan rekor tertinggi kelima sepanjang masa.

Gol bunuh diri pertamanya terjadi pada tahun 2001 saat ia masih membela Valencia melawan Deportivo La Coruña. Gol bunuh diri terakhirnya terjadi pada tahun 2008 saat ia sudah membela Real Zaragoza melawan Real Madrid.

Baca juga:

4 Pencetak Gol Termuda Liga Champions Sepanjang Sejarah

Berapa Jumlah Gol Bunuh Diri Maguire? Ini Data Terbarunya

5 Pencetak Gol Bunuh Diri Terbanyak di Dunia

15 LB Terbaik Sepanjang Masa

10 Pemain Sepakbola yang Tak Pernah Dihukum Kartu Merah dalam Karirnya