YNWA: Dari Panggung Broadway Menuju Tribun Liverpool

Walk on, walk on
With hope in your heart
And you’ll never walk alone
You’ll never walk alone

(speakbola.com) – Demikian penggalan lirik lagu “You’ll Never Walk Alone”, sebuah anthem bagi Liverpool, yang diadaptasi menjadi motto tim berjuluk The Reds itu. Judul lagu tersebut, You’ll Never Walk Alone, terukir abadi pada Gerbang Shankly sejak 1982. Kalimat itu juga tercantum di lambang klub Liverpool sejak 1992 hingga sekarang.

Asal-Usul YNWA

You’ll Never Walk Alone, disingkat YNWA, sejatinya ditulis oleh Oscar Hammerstein II dan disusun oleh Richard Rodgers untuk pertunjukan musikal Broadway mereka berjudul Carousel, yang dirilis di AS pada 1945.

Dalam lakon tersebut, YNWA dinyanyikan untuk menghibur Julie Jordan, istri dari Billy Bigelow, pemeran utama pria, yang tewas dalam upaya perampokan. Lagu ini kemudian diputar ulang di adegan terakhir untuk memberi selamat kepada Louise (putri Billy dan Julie) yang telah lulus sekolah.

Bagaimana YNWA Bisa Melekat Pada Liverpool?

Lirik lagu You’ll Never Walk Alone yang dalam dan sarat makna membuat banyak musisi ternama mencoba mempopulerkan ulang. Nama-nama besar seperti Frank Sinatra, Elvis Presly, dan Johnny Cash pernah merekam ulang lagu tersebut. Namun, lagu YNWA justru meledak ketika Gerry and the Pacemakers, band asal Liverpool, pada tahun 1963 merilis ulang lagu tersebut. YNWA versi Gerry and the Pacemakers meledak dan menguasai puncak tangga lagu Inggris di masa itu.

Gerry Marsden, Vokalis Gerry and the Pacemakers

Dilansir dari situs resmi Liverpool, Gerry Marsden, vokalis band Gerry and the Pacemakers, memberikan rekaman single cover lagu itu kepada pelatih Liverpool Bill Shankly saat tur pra-musim Liverpool di Amerika Serikat. Bill Shankly sangat mengagumi lagu tersebut sehingga memilih lagu itu saat tampil di BBC Desert Island Discs pada tahun 1965. Dan, sebuah cuplikan televisi dari pertandingan itu memberikan bukti pertama bahwa lagu itu dinyanyikan di tribun oleh pendukung Liverpool.

You’ll Never Walk Alone Versi Tim Lain

Di samping pendukung Liverpool, pendukung Glasgow Celtic dan Borussia Dortmund juga ikut menyanyikan YNWA di tribun saat pertandingan. Namun hanya The Reds saja yang lebih jauh memaknai lagu tersebut hingga merasuk ke dalam identitas klub.

YNWA bagi Liverpool bukan sekedar chant yang dinyanyikan sebelum dan setelah pertandingan. Lebih dalam dari itu, You’ll Never Walk Alone adalah sebuah lagu yang akan dinyanyikan pada saat perayaan, atau sebagai ekspresi persatuan dan harapan di masa-masa sulit. You’ll Never Walk Alone!

Ikuti terus SpeakBola untuk mendapatkan kabar terkini dan unik dari dunia sepak bola. Bicara bola ya SpeakBola aja!