Skuad Uruguay Piala Dunia 2022: 26 Pemain Terpilih Yang Akan Membela Tim Nasional di Qatar

(speakbola.com) – Skuad Uruguay Piala Dunia 2022 sekali lagi akan menjadi kuda hitam di Piala Dunia ke-14 bagi negara yang pernah menjadi juara dua kali turnamen ini di masa lalu.

26 pemain yang masuk ke dalam skuad yang berangkat ke Qatar adalah bakat-bakat terbaik yang akan ada di lapangan. Luis Suarez, Edinson Cavani dan Diego Godin sudah memasuki usia 30-an. Namun tentu saja negara berharap banyak pada mereka akan sebuah perjalanan terakhir yang ajaib dari ketiganya.

Namun mungkin juga di turnamen nanti generasi bintang berikutnya yang mengambil alih. Federico Valverde, yang baru-baru ini disebut oleh Toni Kroos dalam cuitannya sebagai salah satu dari tiga pemain terbaik di dunia, dan mesin gol Liverpool, Darwin Nunez, siap untuk unjuk gigi di Piala Dunia. Tambah lagi, La Celeste masih memiliki pemain bertahan FC Barcelona, Ronald Araujo, jika ia dapat pulih dari cedera tepat waktu. Penyerang MLS yang brilian, Facundo Torres, juga adalah pemain yang dapat diandalkan nanti.

Skuad Uruguay Piala Dunia 2022

Manajer baru Diego Alonso, yang mengambil kendali pada bulan Januari, mengumumkan skuad awal yang berisi 55 orang pada hari Jumat, 21 Oktober. Dari daftar 55 pemain itulah dia mengerucutkan lagi daftar 26 pemain terakhir untuk dibawanya ke Qatar pada 10 November.

Ronald Araujo dan Edinson Cavani yang sempat diragukan akan masuk skuad lantaran cedera, pulih tepat waktu. Sementara Facundo Torres, yang bermain dengan klub MLS, Orlando City, dipilih oleh Alonso masuk ke dalam list.

Felipe Carballo tidak mendapat tempat di lini tengah Tim Nasional Uruguay meskipun permainannya sangat bagus di dalam negeri bersama Nacional. Senasib dengan Carballo, kapten Espanyol Leandro Cabrera juga gagal mengamankan tempat di dalam skuad.

PosisiPemainKlubUsia
KiperFernando MusleraGalatasaray (TUR)36
KiperSergio RochetNacional (URU)29
KiperSebastian SosaIndependiente (ARG)36
BekRonald AraujoBarcelona (ESP)23
BekMartin CaceresLA Galaxy (USA)35
BekSebastian CoatesSporting CP (POR)32
BekJose Maria GimenezAtletico Madrid (ESP)27
BekDiego GodinVelez Sarsfield (ARG)36
BekMathias OliveraNapoli (ITA)24
BekJose Luis RodriguezNacional (URU)25
BekGuillermo VarelaFlamengo (BRA)29
BekMatias VinaAS Roma (ITA)24
GelandangRodrigo BentancurTottenham (ENG)25
GelandangNicolas De La CruzRiver Plate (ARG)25
GelandangFacundo PellistriManchester United (ENG)20
GelandangLucas TorreiraGalatasaray (TUR)26
GelandangManuel UgarteSporting CP (POR)21
GelandangFederico ValverdeReal Madrid (ESP)24
GelandangMatias VecinoLazio (ITA)31
StrikerAgustin CanobbioAthletico Paranaense (BRA)24
StrikerEdinson CavaniValencia (ESP)35
StrikerGiorgian De ArrascaetaFlamengo (BRA)28
StrikerMaxi GomezTrabzonspor (TUR)26
StrikerDarwin NunezLiverpool (ENG)23
StrikerLuis SuarezNacional (URU)35
StrikerFacundo TorresOrlando City (USA)22

Bintang, Kekuatan & Kelemahan Tim Nasional Uruguay

Bintang dalam Skuad Uruguay Piala Dunia 2022

Nama besar Luis Suarez dan Edinson Cavani tentu diperhitungkan dalam skuad ini. Walaupun, detak jantung tim ini sebenarnya adalah pemain berusia 24 tahun yang bermain untuk Real Madrid, Federico Valverde.

Valverde menjalani musim yang sensasional di 2022/23. Pada musim sebelumnya, gelandang muda berbakat ini tampil brilian dengan sebuah assist kemenangan di final Liga Champions. Dia adalah playmaker yang telah menunjukkan bahwa jejak di tiap pertandingan dan membawa timnya ke momen-momen besar.

Dengan kemampuan game making yang dimiliki Valverde, skuad Uruguay Piala Dunia 2022 akan menjadi amat menakutkan. Belum lagi Valverde akan memiliki seorang target man yang sama brilian dengan dirinya, Darwin Nunez.

Di sektor belakang, bek Barcelona Ronald Araujo adalah kekuatan serupa yang sulit dikalahkan. Araujo adalah bek tipikal satu lawan satu yang kuat. Ia bahkan lebih kuat lagi dalam pertarungan udara, baik saat menyerang maupun bertahan. Namun ia menjalani operasi pangkal paha pada bulan September dan sedang berpacu dengan waktu untuk kembali fit.

Kekuatan Skuad Uruguay di Piala Dunia 2022

Pertahanan tim dalam sembilan pertandingan internasional semasa kepengurusan Alonso hanya kebobolan dua gol, masing-masing dicetak Venezuela dan Iran.

Sektor pertahanan, dimulai dari depan, dan didukung oleh lini tengah ulet yang dihuni Matias Vecino dari Lazio atau Rodrigo Bentancur dari Tottenham bersama Valverde.

Kemudian di belakang, bek tengah tangguh Jose Maria Gimenez (Atletico Madrid), Sebastian Coates (Sporting CP), veteran Martin Caceres (LA Galaxy) dan Diego Godin (Velez Sarsfield) terbukti dapat diandalkan. Tidak ketinggalan Araujo (Barcelona) yang telah terbukti cocok untuk bergabung dengan skuad Uruguay.

Uruguay juga membanggakan lini tengah mereka yang diisi, bintang Eropa Rodrigo Betancur (Tottenham), Federico Valverde (Real Madrid), Matias Vecino (Lazio), dan Lucas Torreira (Galatasaray).

Kelemahan Skuad Uruguay

Jika Araujo tidak cukup sehat pada pertandingan pembuka, bisa menjadi pukulan telak bagi Timnas Uruguay. Dia sering bermain sebagai bek kanan untuk Uruguay, dan penutup di posisi itu akan ditawarkan oleh Damian Suarez (Getafe) yang berpengalaman dan Guillermo Varela (Flamengo).

Luis Suarez masuk ke skuad dan menuju Piala Dunia keempatnya. Ia telah bermain kembali di negara asalnya Uruguay dalam beberapa bulan terakhir dan sulit untuk mengetahui apa yang bisa diharapkan dari Suarez di Qatar nanti. Jika pemain berusia 35 tahun itu tidak siap sebagai partner depan Nunez, kemungkinan Alonso akan mencadangkan kapten dan wajah Timnas uruguay ini.

Prediksi Uruguay di Fase Grup Piala Dunia 2022

Berdasarkan peringkat dunia FIFA, ranking 14 dunia, Uruguay diprediksi menjadi salah satu dari dua tim teratas yang lolos dari Grup H.

Tekanan berat akan ada untuk memenangkan pertandingan pembuka melawan Korea Selatan (24 November). Meskipun matchday kedua melawan Portugal dan Cristiano Ronaldo juga bisa jadi pertarungan yang berat juga.

Yang paling ditunggu adalah pertandingan Uruguay vs Ghana, mengingat sejarah mereka di Piala Dunia sebelumnya. Keinginan balas dendam pasti masih ada di benak pasukan Bintang Hitam setelah tangan hantu Suarez mencegah mereka mencapai perempat final Piala Dunia 2010.

Jadwal Uruguay di Piala Dunia 2022

  • Kamis, 24 November 2022
    20.00 WIB: Uruguay vs Korea Selatan
    23.00 WIB: Portugal vs Ghana
  • Senin, 28 November 2022
    20:00 WIB: Korea Selatan vs Ghana
  • Selasa, 29 November 2022
    02:00 WIB: Portugal vs Uruguay
  • Jumat, 2 Desember 2022
    22.00 WIB: Korea Selatan vs Portugal
    22.00 WIB: Ghana vs Uruguay