Skuad Senegal Piala Dunia 2022: Sadio Mane Cedera dan Dicoret dari dalam Daftar Pemain di Qatar

(speakbola.com) – Sadio Mane cedera saat memperkuat Bayern Munich melawan Werder Bremen pada 8 November lalu. Cederanya lebih parah dari perkiraan dan butuh ditangani dengan operasi pembedahan yang membuat Sadio Mane dicoret dari  Skuad Senegal Piala Dunia 2022.

Awalnya Mane disebut hanya akan absen pada laga-laga pertama Senegal, terutama saat melawan Belanda, Senin (21/11/2022) malam WIB. Hal itu diakibatkan sang striker 30 tahun butuh waktu memulihkan cedera lutut yang dialami.

Namun rupanya pemindaian MRI mengungkap bahwa cedera itu butuh ditangani dengan operasi. Operasi pun telah dilakukan di Innsbruck, sesuai dengan pengumuman dari Bayern Munich.

Prosedur pemulihan pasca operasi itu tidak memungkinkan Sadio Mane untuk tampil di Piala Dunia 2022. Dalam beberapa hari ke depan, mantan penyerang Liverpool itu akan memulai proses rehabilitasi lututnya di Munich.

Federasi Sepak Bola Senegal juga telah mengonfirmasi dicoretnya nama Mane dari daftar skuad Tim Nasional Senegal. Menurut dokter tim sepak bola Senegal, Abdourakhmane Fédiore dan Manuel Afonso, cedera Sadio Mane membutuhkan operasi, yang akan mewajibkannya absen saat Piala Dunia untuk menjalani masa pemulihan.

Absennya Mane di Piala Dunia tentu menjadi pukulan telak bagi banyak penggemarnya dan terutama bagi rekan-rekan setimnya. Oleh sebab itu, Timnas Senegal akan segera melakukan seleksi pengganti Mane yang akan dilakukan pada sesi latihan keempat pada hari Kamis di Duhail Handball Sports Hall di Doha.

Skuad Senegal Piala Dunia 2022

PosisiPemainKlubUsia
KiperEdouard MendyChelsea (ENG)30
KiperAlfred GomisRennes (FRA)29
KiperSeny DiengQueens Park Rangers (ENG)27
BekKalidou KoulibalyChelsea (ENG)31
BekPape Abou CisseOlympiacos (GRE)27
BekAbdou DialloRB Leipzig (GER)26
BekFode Ballo-ToureAC Milan (ITA)25
BekMoustapha NamePafos (CYP)27
BekFormose MendyAmiens (FRA)21
BekIsmail JakobsMonaco (FRA)23
BekYoussouf SabalyReal Betis (SPA)29
BekCheikhou KouyateNottingham Forest (ENG)32
GelandangIdrissa GueyeEverton (ENG)33
GelandangNampalys MendyLeicester City (ENG)30
GelandangPape GueyeMarseille (FRA)23
GelandangPape Matar SarrTottenham (ENG)20
GelandangMamadou Loum N'DiayeReading (ENG)25
GelandangPathe CissRayo Vallecano (SPA)28
GelandangKrepin DiattaMonaco (FRA)23
StrikerIsmalia SarrWatford (ENG)24
StrikerBoulaye DiaSalernitana (ITA)25
StrikerBamba DiengMarseille (FRA)22
StrikerIliman NdiayeSheffield United (ENG)27
StrikerFamara DiedhouAlanyaspor (TUR)29
StrikerNicolas JacksonVillarreal (SPA)21

Kekuatan Timnas Senegal

Senegal merebut gelar kontinental mereka melalui adu penalti melawan Mesir sebelum lolos ke Qatar lewat cara dan lawan yang sama dalam pertandingan yang penuh kontroversi.

Catatan gemilang Timnas Senegal dalam adu penalti bisa berguna di Qatar nanti. Namun kecepatan dan kekuatan lah sesungguhnya kelebihan utama Senegal. Kelebihan itu tentunya akan membuat mereka menjadi lawan yang tangguh selama 90 menit.

Aliou Cisse, pelatih Senegal, telah membangun proyek Timnasnya dengan menjadikan bintang seperti, Edouard Mendy, Kalidou Koulibaly, Idrissa Gueye, dan Sadio Mane, kekuatan intinya. Lima pemain tersebut adalah pemain kelas atas yang tahu persis apa yang dibutuhkan di level ini. Namun kabar Sadio Mane cedera dan dicoret dari skuad tentunya membuat Cisse akan mencari seseorang untuk mengisi kekosongan.

Di lini belakang, Pape Abou Cisse dan Abdou Diallo adalah kekuatan yang dapat diandalkan. Sementara itu Mendy, kiper pemenang Liga Champions, berdiri di bawah mistar gawang.

Ismalia Sarr juga sedang dalam performa yang fantastis dan akan memberikan kreativitas dalam upaya mencetak gol yang sangat dibutuhkan untuk negara.

Kelemahan Timnas Senegal

Ketergantungan pada Mane untuk mencetak gol telah menjadi masalah lama bagi Senegal. Sementara pilihan lain Boulaye Dia dan Famara Diedhiou tampil tidak meyakinkan.

Dibandingkan dengan lineup awal yang berisi 35-55 pemain, pemain pelapil skuad Senegal mengalami penurunan kualitas. Opsi pelapis bisa menjadi masalah utama di Qatar, terutama dengan risiko cedera yang lebih tinggi di Piala Dunia.

Performa Nampalys Mendy di lini tengah juga menjadi sorotan. Pemain berusia 30 tahun itu merupakan sosok andalan di lini tengah Senegal namun ia kesulitan mendapatkan menit bermain di Leicester City.

Jadwal Senegal di Piala Dunia 2022

  • Senin, 21 November 2022 pukul 23.00 WIB
    Senegal vs Belanda (Al Thumama Stadium)
  • Jumat, 25 November 2022 pukul 20.00 WIB
    Qatar vs Senegal (Al Thumama Stadium)
  • Selasa, 29 November 2022 pukul 22.00 WIB
    Ekuador vs Senegal (Khalifa International Stadium)