4 Kemenangan Terbesar Liga Inggris

(speakbola.com) – Speakers, tentu kalian masih ingat dengan kemenangan Liverpool atas Bournemouth 9-0 di Liga Inggris beberapa hari lalu kan? Kemenangan itu merupakan salah satu rekor kemenangan terbesar Liga Inggris yang pernah diraih oleh sebuah tim.

Melansir dari kompas.com, sejak kompetisi Liga Inggris berubah format menjadi Premier League pada musim 1992-1993, Liverpool bukanlah satu-satunya tim yang pernah membuat rekor kemenangan dengan jumlah gol fantastis di salah satu liga paling bergengsi di Eropa itu. Beberapa tim lain pernah juga melakukannya. Bahkan ada yang sampai dua kali menciptakannya.

Pada rubrik Offside kali ini, SpeakBola akan merangkum 4 kemenangan terbesar Liga Inggris yang pernah terjadi.

1. Manchester Uniter VS Ipswich Town (9-0)

Pertandingan sepak bola antara Manchester United dan Ipswich Town dihelat di Old Trafford pada tanggal 4 Maret 1995 sebagai bagian dari Premier League musim 1994–95. Pertandingan itu berakhir sebagai kemenangan terbesar Liga Inggris bagi tim tuan rumah. Skor yang dihasilkan pada pertandingan tersebut adalah 9–0.

Bermain di depan penonton terbanyak di liga di musim itu, United mencetak tiga gol di babak pertama. Roy Keane membuka keran skor, kemudian Cole menambahkan dua lagi. Di babak kedua, United mencetak empat gol dalam dua puluh menit pertama. Cole mencetak gol ketiga dan keempatnya, sementara Hughes juga mencetak dua gol.

Tak mau kalah, Paul Ince mencetak gol kedelapan United dengan tendangan bebas ke gawang yang kosong sementara kiper Ipswich Craig Forrest berdebat dengan wasit. Terakhir Cole kembali mencetak gol kesembilan United, pada menit ke-89.

2. Southampton VS Leicester City (0-9)

Pertandingan Liga Inggris musim 2019–20 antara Southampton Vs Leicester City berlangsung di Stadion St Mary, Southampton, Jumat 25 Oktober 2019. Di pertandingan itu, Leicester memenangkan pertandingan 9–0, menyamai rekor Manchester United melawan Ipswich Town pada tahun 1995. Hasil itu juga menjadi rekor baru sebagai sebuah kemenangan tandang terbesar dalam sejarah sepak bola Liga Inggris.

 

Ben Chilwell membuka pesta gol Leicester pada menit ke-10. Disusul dengan 2 gol lagi dari Leicester berkat Youri Tielemans dan Ayoze Perez, Leicester unggul 3-0. Di menit ke-39, Perez kembali menambahkan gol keempat Leicester. Kemudian Jamie Vardy mencetak gol ke-5 bagi Leicester menjelang turun minum untuk membawa Leicester unggul 5-0.

Pada menit ke-57, Perez menciptakan hat-tricknya, yang disusul Vardy menambahkan pundi-pundi gol untuk Leicester satu menit kemudian. James Maddison mencetak gol tendangan bebas pada menit ke-85 sebelum Jamie Vardy juga mengikuti jejak Perez menciptakan hat-tricknya sendiri melalui tendangan penalti. Peluit akhir dibunyikan setelah penalti dilakukan.

Dua rekot tercipta pada pertandingan itu, yaitu rekor kemenangan terbesar di Liga Inggris dan kedua kalinya dalam sejarah Liga Inggris dua pemain mencetak hat-trick dalam pertandingan yang sama.

3. Manchester United VS Southampton (9-0)

Manchester United kembali mengulangi rekor yang mereka ciptakan sendiri pada tahun 1995 pada Pertandingan melawan Southampton di Old Trafford, 2 Februari 2021. Setan Merah mencukur Southampton 9 gol tanpa balas.

Tujuh pemain berbeda mencetak gol bagi United saat itu, jumlah itu menyamai rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Premier bagi sebuah tim yang sama, di sebuah pertandingan.

Pada menit kedua pertandingan, Southampton terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah gelandang mereka, Alexandre Jankewitz, diusir keluar lapangan karena melakukan tekel keras terhadap Scott McTominay.

Dengan keunggulan jumlah pemain, Manchester United membuka pesta golnya di menit ke-18, melalui ketika bek kanan mereka Aaron Wan-Bissaka. Tujuh menit kemudian, Marcus Rashford menggandakan keunggulan United yang disusul gol bunuh diri Jan Bednarek pada menit ke-34. Edinson Cavani menambahkan gol keempat untuk tim tuan rumah lima menit kemudian. Skor 5-0 untuk kemenangan Setan Merah.

Di babak kedua, Martial, yang masuk sebagai pemain pengganti, mencetak gol pertamanya dalam sembilan pertandingan di menit ke-69. McTominay kemudian mencetak gol keenam United dengan tembakan mendatar dari luar kotak penalti dua menit kemudian.[

United akhirnya mendapat hadiah penalti pada menit ke-87. Bruno Fernandes sukses mengonversi tendangan penalti itu dan membuat skor menjadi 7–0. Martial kemudian menambahkan gol kedelapan United pada menit ke-90. Pemain pengganti, Daniel James, yang masuk menggantikan Rashford menyelesaikan skor 9-0 di menit terakhir waktu tambahan babak kedua.

3. Kemenangan Terbesar Liga Inggris Terbaru: Liverpool VS Bournemouth (9-0)

Liverpool menjamu Bournemouth pada laga liga Inggris pekan ke-4 2022/2023, Sabtu 27 Agustus 2022 malam WIB. Pada laga yang dimainkan di Anfield itu, The Reds berpesta gol ke gawang lawan. Mereka menang 9 gol tanpa balas

Laga seperti berjalan dengan mudah bagi tuan rumah. Luis Diaz dan Roberto Firmino masing-masing mencetak dua gol. Lalu, Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Harvey Elliot, dan Fabio Carvalho menyumbang masing-masing satu gol.

Satu gol Liverpool lainnya lahir dari gol bunuh Chris Mepham. Kemenangan 9-0 The Reds ini menjadi kemenangan pertama The Reds musim ini dan juga salah satu kemenangan terbesar Liga Inggris.

Itu dia Speakers, 4 kemenangan terbesar Liga Inggris yang pernah ada. Kemenangan mana yang paling berkesan bagi kalian? Dan, apakah rekor kemenangan 9-0 masing-masing tim di atas ada yang menyamai atau bahkan melampaui di musim ini? Layak dinanti!

Ikuti terus SpeakBola untuk mendapatkan berita terkini dan unik dari dunia sepak bola. Bicara bola ya SpeakBola aja!