7 Grup Neraka Liga Champions Terketat Sepanjang Sejarah

Grup Neraka Liga Champions

Grup Neraka Liga Champions – Sejak memakai nama Liga Champions sejak tahun 1992, kompetisi sepakbola Eropa ini banyak menyajikan pertandingan epic. Nggak hanya itu, kompetisi yang terdiri dari fase grup dan knockout ini juga banyak menyajikan grup neraka.

Singkatnya, grup neraka ini adalah grup yang berisikan beberapa klub yang punya nama besar dari berbagai liga top. Mereka harus saling sikut untuk mendapatkan tiket ke babak atau fase knockout. Grup-grup neraka ini kerap menyajikan persaingan yang super ketat.

Lantas, berikut ini adalah beberapa grup neraka Liga Champions terketat sepanjang sejarah. Yuk simak keterangan dari artikel di bawah ini. So, check these out! 

Borussia Dortmund, Real Madrid, Manchester City, dan Ajax (2012/2013)

Pertama, ada grup yang dihuni oleh Borussia Dortmund, Real Madrid, Manchester City, dan Ajax pada musim 2012/2013. Awalnya, banyak yang menjagokan City bakal lolos dengan skuad penuh bintang yang mereka miliki.

Namun, secara mengejutkan, Borussia Dortmund yang justru menjadi juara grup. Kemudian diikuti oleh Real Madrid yang berada di posisi kedua. Bahkan pada saat itu Real Madrid cukup kesulitan di grup ini.

Barcelona, Tottenham, Inter Milan, dan PSV (2018/2019)

Kedua, ada grup neraka yang berisikan Barcelona, Tottenham, Inter Milan, dan PSV pada musim 2018/2019. Di grup ini, Tottenham dengan mulus lolos dari fase grup mengalahkan Inter dan PSV. 

Barcelona yang juga lolos ke babak knockout tidak bisa berbuat banyak. Sebaliknya, Tottenham di musim ini justru melaju ke babak grand final namun belum bisa membawa pulang piala kuping besar ke kandang mereka.

Liverpool, Atletico Madrid, Porto, dan AC Milan (2021/2022)

Ketiga, pada musim 2021/2022 ada grup neraka yang berisikan Liverpool, Atletico Madrid, Porto, dan AC Milan. Semua klub yang ada di grup ini adalah nama-nama besar dari masing-masing liga top eropa.

Di musim ini, Liverpool tampil sangat luar biasa. Anak buah Jurgen Klopp berhasil menyapu bersih enam kemenangan dan mengoleksi 18 poin dan menjadi juara grup. Kemudian, Atletico finish di posisi kedua menemani Liverpool ke babak selanjutnya.

Real Madrid, Borussia Monchengladbach, Shakhtar Donetsk, dan Inter Milan (2020/2021)

Selanjutnya, ada grup neraka untuk musim 2020/2021 yang diisi oleh Real Madrid, Borussia Monchengladbach, Shakhtar Donetsk, dan Inter Milan. Di grup ini, nama besar bukan jaminan bisa mengumpulkan poin dengan mudah.

Pasalnya, Inter Milan yang kala itu dilatih Antonio Conte harus puas menjadi juru kunci. Real Madrid meski berhasil menjadi juara grup juga cukup kesulitan menyapu bersih laga di grup ini. Di musim ini, Borussia Monchengladbach dan Shakhtar Donetsk bermain sangat solid.

Tottenham, Inter Milan, Twente, dan Werder Bremen (2010/2011)

Kelima, mari kita mundur agak jauh ke musim 2010/2011. Di musim ini ada grup neraka yang dihuni oleh Tottenham, Inter Milan, Twente, dan Werder Bremen. Di grup ini, juara bertahan Inter Milan menjadi klub favorit loh.

Namun, secara mengejutkan, Tottenham yang kala itu masih berisikan bintang seperti Luka Modric dan Bale, mampu membuat kejutan di kancah Eropa. Tottenham lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan 11 poin dan Inter Milan berada di bawahnya.

Bayern Munchen, Barcelona, Inter Milan, dan Viktoria Plzen (2022/2023)

Next, Bayern Munchen, Barcelona, Inter Milan, dan Viktoria Plzen tergabung dalam grup neraka yang cukup ketat. Bahkan, di musim ini, Barcelona secara mengejutkan tidak mampu lolos dari fase grup dan harus terlempar ke Europa League.

Lalu, Inter Milan dengan begitu gagah mampu menembus babak final. Namun, sayang Inter harus mengakui ketangguhan Manchester City yang berhasil menjadi juara. Bahkan di musim ini City mampu meraih treble winner.

PSG, Borussia Dortmund, AC Milan, Newcastle (2023/2024)

Terakhir, yang masih hangat, ada PSG, Borussia Dortmund, AC Milan, Newcastle yang tergabung dalam grup neraka. Semua klub yang ada du grup ini adalah kekuatan besar dari liga masing-masing negara. Pertandingan belum berlangsung namun persaingan sudah terasa.

Newcastle yang baru saja kembali ke Liga Champions harus menemui grup yang cukup sulit. Kira-kira, siapa nih yang bakal lolos ke babak knockout? Sepertinya sih Newcastle dan Dortmund.