Epic Comeback Dramatis: Pertandingan Sepak Bola Yang Layak Dikenang

(speakbola.com) – Sepak bola bukanlah sekedar olahraga tetapi juga hiburan bagi setiap penonton yang menyaksikannya. Drama-drama yang terjadi dalam sebuah pertandingan sepak bola kerap menjadi bumbu-bumbu yg membuat jalannya pertandingan lebih seru.

Bukan hanya soal hasil akhir menang atau kalah, tapi proses sebuah tim untuk meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan juga menjadi nilai tersendiri. Ada yang memang sudah unggul dari awal laga, atau berusaha bangkit setengah mati untuk mengejar ketertinggalan hingga menghasilkan sebuah epic comeback.

Dalam ranah sepak bola, epic comeback artinya adalah proses membalikan keadaan dari kekalahan menjadi kemenangan melalui usaha keras yang tak kenal lelah.

Beberapa pertandingan sepak bola menyuguhkan sebuah epic comeback dramatis karena hasil pertandingan yang tidak diduga terjadi. Masih jelas diingatan bagaimana Man United membalikan keadaan menjadi 2-1, setelah tertinggal 0-1 dari Bayern, dan keluar sebagai juara Liga Champions 1999.

Pada rubrik Offside kali ini tim SpeakBola akan merangkum epic comeback dramatis di pertandingan sepak bola yang pernah terjadi.

MANCHESTER UNITED 2-1 BAYERN MUNICH: FINAL LIGA CHAMPIONS 1999

Pertandingan memasuki menit-menit akhir saat Bayern unggul atas Manchester United 1-0. Akan tetapi, sebuah keajaiban terjadi ketika Teddy Sheringham di injury time menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gol pertama Man. United yang terjadi pada menit 90+1, membuat Bayern akhirnya harus rela bersiap untuk babak tambahan waktu padahal selama 89 Menit pertandingan mereka amat menguasai jalannya laga.

Petaka datang bagi Bayern di 90+3. Ole Gunnar Solskjaer yang masuk sebagai pengganti di akhir-akhir pertandingan membuat mukjizat dengan mencetak gol kedua. Gol penentu tersebut menjadi epic comeback yang amat dramatis dan menjadikan Manchester United sebagai Juara Liga Champions 1999.

MILAN 3-3 LIVERPOOL 2005: SEBUAH EPIC COMEBACK LEGENDARIS

Jerzy Henryk Dudek menjadi salah satu pemain kunci di laga final UCL 2005

Menghadapi AC Milan di Final Liga Champions, Liverpool sejatinya telah teringgal selama 0-3 di babak pertama. Namun mereka mampu keluar sebagai juara Liga Champions 2005 setelah melewati laga yang penuh keajaiban.

Pada babak kedua, Liverpool menunjukan epic comeback dramatis dengan menyamakan kedudukan hanya dalam waktu enam menit. Liverpool mencetak tiga gol beruntun pada menit 54, 56, dan 60. Ketiga gol tersebut dicetak Steven Gerrard, Vladimir Simcer, dan Xabi Alonso.

Pada akhirnya, pemenang pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti yang dimenangkan oleh Liverpool.

BARCELONA 6–1 PARIS SAINT-GERMAN: LEG KE-2 BABAK 16 BESAR UCL 2017

Hampir mustahil bagi Barcelona untuk lolos ke babak perempat final UCL 2017 setelah kalah telak di leg pertama 4-0. Sepanjang sejarah, belum pernah ada tim yang lolos ke babak selanjutnya usai kalah dengan margin selisih empat gol di leg pertama.

Namun Barcelona berhasil menjawab keraguan itu dengan sebuah epic comeback dramatis. Meskipun sempat tertinggal lagi di leg kedua lewat Edinson Cavani, Barcelona tetap berusaha menampilkan yang terbaik.

Dua gol Neymar, satu gol Messi, satu gol Luis Suarez, gol bunuh diri Layvin Kurzawa, dan gol dramatis Sergi Roberto membuat Barcelona menang dengan skor 6-1.

Agregat pertandingan menjadi 6-5 dan Barcelona berhak melaju ke babak selanjutnya.

LIVERPOOL 4-0 BARCELONA: SEMI FINAL LIGA CHAMPIONS 2019

Liverpool kembali melakukan sebuah epic comeback dramatis di tahun 2019 dengan mengalahkan Barcelona 4-0.

Pada leg pertama di Camp Nou, secara tak terduga The Reds dihempaskan oleh Barcelona dengan skor 3-0. Kemudian keajaiban datang di leg kedua. Liverpool sukses membalas Barcelona dengan kemenangan 4-0.

Dua gol Divock Origi, Gini Wijnaldum, dan kecerdikan sepak pojok Trent-Alexander-Arnold membenamkan asa Barcelona ke fase final. Liverpool melaju ke final bertemu Spurs hingga akhirnya berhasil menjadi juara.

Itu dia Speakers, laga-laga yang patut dikenang sebagai epic comeback sepak bola terbaik.

Ikuti terus SpeakBola untuk mendapatkan kabar terkini dan unik dari dunia sepak bola. Bicara bola ya SpeakBola aja!