Nasib Timnas Indonesia U17: Dibantai Malaysia dan Gagal Lolos Ke Piala Asia 2023

(speakbola.com) – Timnas Indonesia U17 resmi gagal lolos ke Piala Asia U17 2023. Kepastian itu datang usai Garuda Muda finis di peringkat ketujuh klasemen runner-up terbaik kualifikasi Piala Asia U17.

Malaysia Bantai Indonesia

Pada pertandingan terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Timnas Indonesia U17 melangkah penuh kepercayaan diri tinggi untuk mengunci status juara grup. Namun, Arkhan Kaka dan rekan malah takluk dengan skor 1-5 dari Malaysia di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu 9 Oktober 2022.

Jalannya Pertandingan Timnas Indonesia Vs Malaysia U17

Timnas Indonesia U17 sesungguhnya cuma harus meraih hasil imbang untuk finis sebagai juara Grup B dan bisa langsung melaju ke putaran final Piala Asia 2023. Namun skuad Garuda Muda tetap tampil agresif sejak menit awal.

Sayangnya, Malaysia U-17 yang sedari awal laga bermain pasif justru berhasil memanfaatkan agresifitas para Garuda Muda lewat serangan balik. Malaysia U17 pun bisa unggul lebih dulu melalui Zainurhakimi di menit ke-16.

Keunggulan Malaysia U17 kembali diperlebar tiga menit berselang sejak gol pertama. Tembakan Arramy Wafiy dari sisi kanan kotak penalti tidak mampu dibendung penjaga gawang Timnas Indonesia U17, Andrika Fathir Rachman.

Situasi tertekan terus menghantui Timnas Indonesia U17. Mental para pemain di laga kali ini benar-benar diuji, pasalnya menit ke-24, Malaysia U-17 kembali berhasil menambah keunggulan. Disebabkan oleh kesalahan kontrol bola Habil Abdillah di kotak penalti, Anjasmirza berhasil mempersembahkan gol bagi Malaysia untuk ketiga kalinya.

Tiga menit berselang, Garuda Muda semakin terbenam. Memanfaatkan umpan crossing cantik dari sisi kiri lapangan, Afiq Danish mengubah kedudukan menjadi 0-4 untuk keunggulan Malaysia lewat sontekannya.

Malaysia U17 tampil beringas. Memasuki menit ke-38 babak pertama, pemain Malaysia dilanggar di kotak penalti, Timnas Indonesia U17 harus kembali kebobolan, kali ini melalui titik putih. Skor Indonesia vs Malaysia U17 di babak pertama 0-5 bagi keunggulan tim tamu.

Memasuki babak kedua, Indonesia terus berusah payah untuk memecahkan kebuntuan, namun tidak ada gol balasan yang tercipta sampai menit ke-70. Hingga akhirnya, menjelang laga usai, Arkhan Kaka sukses mencetak sebuah gol untuk Indonesia.

Meski demikian, hasil akhir Indoneisa vs Malaysia U17 secara umum tetap berujung sebagai sebuah kemenangan besar bagi Malaysia, 1-5. Malaysia bantai Indonesia U17 di kandang sendiri.

Timnas Indonesia Gagal Lolos ke Piala Asia U17

Spekulasi prihal apakah Indonesia lolos Piala Asia 2023 terjawab sudah. Timnas Indonesia U17 resmi gagal melaju ke putaran final usai Garuda Muda finis di peringkat ketujuh klasemen runner-up terbaik.

Skuad asuhan Bima Sakti sudah berada di ujung tanduk setelah Indonesia dibantai Malaysia. Tepat setelah laga itu, posisi Indonesia dalam klasemen sementara runner-up terbaik menjadi peringkat 6.

Meskipun sukses menang di tiga laga sebelumnya, kekalahan 1-5 dari Malaysia amatlah berpengaruh dalam penghitungan hasil akhir klasemen runner-up terbaik. Sebab, hanya dua dari empat laga yang dimainkan oleh Timnas Indonesia U17 di babak grup ini yang benar-benar dihitung menurut peraturan.

Karena pembagian grup yang tidak merata, dengan adanya beberapa grup berisi lima tim, empat tim, dan juga tiga tim, menyebabkan klasemen runner-up hanya menghitung hasil di tiga besar klasemen akhir masing-masing grup sajak.

Dengan demikian kemenangan Indonesia atas Guam (14-0) dan Palestina (2-0) menjadi tidak berarti. Hanya laga melawan UEA dan Malaysia yang dihitung dalam klasemen akhir runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U17 2023.

Indonesia hanya menang 3-2 atas Uni Emirat Arab. Artinya, sebelum laga melawan Malaysia, Indonesia hanya bermodalkan keunggulan selisih gol +1. Namun, kekalahan 1-5 menjadikan selisih gol Indonesia minus tiga (-3).

Dengan kemenangan 2-1 Laos atas Kirgistan dan kemenangan 2-0 Tajikistan atas Afghanistan, Indonesia terlempar dari enam besar. Garuda Muda berada di urutan ketujuh setelah kedua hasil pertandingan tersebut.

Berharap Pada Pertandingan Arab Saudi vs India

Pada saat itu, Timnas Indonesia U17 belum sepenuhnya dicoret dari klasemen runner-up terbaik. Namun, mereka perlu berharap agar India dikalahkan dengan skor 0-7 oleh Arab Saudi untuk bisa naik lagi ke enam besar. Sesuatu yang amat sulit terwujud.

Pada akhirnya India memang kalah tetapi skor pertandingan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Arab Saudi hanya menang 1-2 atas India. Dengan demikian Indonesia dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia 2023 U17.

Ikuti terus speakbola untuk  mendapatkan berita terkini dan unik dari dunia sepak bola.

Bicara bola ya Speakbola aja!