Qatar 2022: Piala Dunia Terakhir Messi

“Tentunya ini adalah Piala Dunia terakhir saya.” – Lionel Messi

(speakbola.com) – Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, mengatakan pada Kamis (6/10/2022), waktu setempat, bahwa Piala Dunia 2022 di Qatar pasti akan menjadi Piala Dunia Terakhir dalam karirnya. Keputusan itu menyeruak dari mulut Messi kala sang pemain terbaik dunia sedekade ini diwawancarai secara eksklusif oleh star +

Ini adalah pertama kalinya striker Paris Saint-Germain itu berbicara secara terbuka prihal masa depannya setelah Piala Dunia. Namun Messi belum mengatakan secara pasti apakah dia akan pensiun dari Tim Nasional Argentina setelah Qatar.

Argentina, yang tidak terkalahkan dalam 35 pertandingan terakhirnya akan tiba di Piala Dunia dengan kepercayaan diri tinggi. Tambah lagi mereka juga baru memenangkan final Copa America 2021 melawan tuan rumah Brasil, yang diyakini Messi sebagai titik balik bagi timnya setelah beberapa kali nyaris gagal.

Sepak terjang Timnas Argentina yang sedemikian baik membuat Messi dan kawan-kawan dijadikan sebagai favorit juara. Namun menurut Messi, di Piala Dunia terakhir baginya nanti, apa pun bisa terjadi. Semua pertandingan sangat sulit dan tim favorit tidak selalu menang.

Debut Internasional Lionel Messi

  • Debut Messi Di Timnas Argentina

Lionel Messi mungkin tidak akan melupakan debutnya bersama Timnas Argentina. Sebab laga itu layaknya pribahasa sudah jatuh tertimpa tangga. Messi mendapatkan kartu merah dan diusir oleh wasit.

Messi melakoni debutnya bersama Timnas senior Argentina pada 17 Agustus 2005 menghadapi Hongaria pada laga persahabatan. Itu adalah kali pertama dia dipanggil ke level senior setelah tampil menawan bersama Barcelona.

Berstatus sebagai pemain pengganti, Messi masuk ke lapangan pada menit ke-63. Tapi, Messi cuma punya waktu 43 detik di lapangan karena dia dikartumerah karena melanggar pemain Hongaria, Vilmos Vanczak.

Lionel Messi muda, yang baru berumur 18 tahun, seakan tak percaya dan seketika itu pula dia berlalu ke ruang ganti. Usai pertandingan, rekan-rekan setimnya mendapati Messi sedang menangis sesengukan di pojokan ruangan. Sebuah hal yang wajar mengingat ini adalah laga debut Messi di Timnas Argentina, yang sayangnya harus berujung pahit.

  • Debut Messi Di Piala Dunia

Lionel Messi melakoni debutnya di Piala Dunia pada tahun 2006 di Jerman. Messi, yang kini diakui sebagai salah satu pesepak bola terbaik dalam sejarah, menandai debutnya itu dengan sebuah kemenangan besar.

Hanya empat menit sejak turun ke lapangan, Messi langsung berkontribusi merancang assist untuk gol ke-4 Argentina oleh Crespo.

Setelah itu, Tevez membawa Argentina unggul 5-0 di menit 84. Sesudahnya, pada menit 88, Messi menutup pesta dengan gol perdananya di Piala Dunia.

Messi melakoni debutnya di Piala Dunia di usia 18 tahun dan 357 hari. Hingga kini, Messi pun masih tercatat sebagai satu-satunya remaja yang mengukir gol sekaligus assist dalam suatu pertandingan Piala Dunia sejak 1966.

Rekor Lionel Messi Di Piala Dunia

  • Pemain Argentina Pertama yang Tampil di Lima Edisi Piala Dunia

Lionel Messi sejauh ini sudah pernah bermain pada empat edisi Piala Dunia. Dengan demikian, Messi hanya butuh satu pertandingan lagi di Qatar 2022 untuk menjadi pemain Argentina pertama yang pernah tampil pada lima edisi Piala Dunia.

Jika berhasil mengukir rekor tersebut akhir tahun ini, Messi akan masuk dalam daftar pemain yang telah memainkan Piala Dunia terbanyak. Daftar itu sampai saat ini hanya berisi empat pemain, yaitu Gianluigi Buffon (Italia), Rafael Marquez (Meksiko), Antonio Carbajal (Meksiko), dan Lothar Matthaus (Jerman). Empat nama tersebut tercatat sudah pernah tampil pada lima edisi Piala Dunia sepanjang karier mereka.

  • Pemain Argentina dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Lionel Messi menjalani debut Piala Dunia pada tahun 2006 di Jerman. Sejak saat itu, Messi tercatat sudah mengoleksi 19 penampilan di Piala Dunia. Angka itu menempatkan Lionel Messi di peringkat ketiga dalam daftar pemain Argentina pengoleksi penampilan terbanyak di Piala Dunia.

Messi berada di bawah Javier Mascherano (20 laga) dan Diego Maradona (21). Sebuah rekor yang amat mungkin dipatahkan oleh Messi pada Piala Dunia 2022 Qatar di tangan Lionel Messi.

Penampilan Lionel Messi di Piala Dunia:

Jerman 2006 : 3 Pertandingan
Afrika Selatan 2010: 5 Pertandingan
Brasil 2014: 7 Pertandingan
Rusia 2018: 4 Pertandingan

  • Pemain Terbanyak Tampil di Piala Dunia

Lionel Messi juga berpeluang mencatatkan rekor sebagai pemain yang terbanyak tampil di Piala Dunia sepanjang sejarah. Namun untuk rekor yang satu ini, Messi harus berusaha ekstra keras.

Pemegang rekor penampilan terbanyak dalam sejarah Piala Dunia sampai saat ini adalah Lothar Matthaus dengan 25 penampilan di Piala Dunia sepanjang kariernya bersama Timnas Jerman.

Jika Messi ingin memecahkan rekor Lothar Matthaus di atas, Messi harus bermain tujuh kali selama Piala Dunia terakhir baginya di Qatar nanti. Itu artinya, Messi wajib terus bermain dan mengantar timnas Argentina minimal sampai semifinal Piala Dunia Qatar 2022.

  • Top Skor Timnas Argentina di Piala Dunia

Total gol Messi di Piala Dunia sejauh enam gol dari total 19 pertandingan pada empat edisi Piala Dunia. Sementara top skor Timnas Argentina sepanjang masa di Piala Dunia, Gabriel Batistuta, telah mencetak 10 gol. Itu artinya, Messi wajib mencetak minimal lima gol pada Piala Dunia 2022 Qatar untuk mengalahkan rekor Batistuta.

Peluang Lionel Messi menjadi top skor Timnas Argentina dalam sejarah Piala Dunia akhir tahun ini terbilang terbuka. Hal itu tidak lepas dari kualitas lawan Timnas Argentina di fase grup Piala Dunia 2022 Qatar.

Tergabung di Grup C, Timnas Argentina akan bersaing dengan Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Menilik komposisi skuad, Timnas Argentina di atas kertas tentu jauh lebih unggul atas tiga negara tersebut.

Total Gol Messi di Piala Dunia:

Jerman 2006: 1 Gol
Afrika Selatan 2010: 0 Gol
Brasil 2014: 4 Gol
Rusia 2018: 1 Gol

Pencapaian Terbaik Messi di Piala Dunia

Pencapaian terbaik Messi bersama Timnas Argentina di Piala Dunia adalah menjadi runner-up pada edisi 2014 di Brasil sekaligus pemain terbaik. Oleh sebab itu, target utama Messi di Piala Dunia terakhir baginya nanti tentu saja mengantar timnas Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 2022 Qatar.

Jika berhasil mewujudkan target tersebut, pencapaian Lionel Messi sebagai seorang pesepak bola bisa dikatakan sempurna. Bagaimana tidak, Messi sudah mendapatkan seluruh gelar juara yang bisa diraihnya di level klub, mulai dari Liga Champions, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Antarklub. Sementara di level internasional, Messi sudah mengantar Timnas Argentina menjadi juara Copa America 2021 dan Olimpiade 2008.

Di level individu, La Pulga juga sudah pernah meraih gelar pemain terbaik FIFA, UEFA, hingga Ballon d’Or. Jika berhasil meraih trofi Piala Dunia 2022 Qatar, Messi juga dipastikan akan lepas dari bayang-bayang legenda timnas Argentina, Diego Armando Maradona.