5 Negara ini Pakai Pemain Naturalisasi di Piala Dunia 2022

(speakbola.com) –  Bukan hanya Indonesia saja negara yang memakai jasa pemain naturalisasi untuk memperkuat Tim Nasional Sepak Bola kala akan menghadapi ajang internasional. Beberapa negara lain juga melakukan hal yang sama bahkan untuk menghadapi Piala Dunia 2022 di Qatar.

PSSI memanggil sejumlah pemain sepak bola keturunan Indonesia yang akan dinaturalisasi demi memperkuat Timnas di ajang AFF 2022. Dan, melansir indosport, Sandy Walsh dan Jordi Amat tinggal menunggu disumpah saja untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) secara resmi sehingga dapat memperkuat Timnas di ajang AFF 2022

Cara perekrutan skuad Tim Nasional lewat jalur naturalisasi ini banyak dilakukan oleh negara-negara lain juga, selain Indonesia. Dalam aturan FIFA, sebuah negara memang diperbolehkan untuk menaturalisasi seorang atlet sepak bola apabila salah satu dari empat syarat sebagai berikut terpenuhi:

Syarat Naturalisasi Pemain Sepak Bola dari FIFA

  • Pemain lahir di negara bersangkutan
  • Ibu atau ayah kandung lahir di negara terkait
  • Nenek atau kakek kandung lahir di negara terkait
  • Pemain telah tinggal di negara terkait selama lima tahun saat usianya mencapai 18 tahun

Jika bisa mendapatkan salah satu dari empat poin itu, setiap pemain yang menerima kewarganegaraan baru, boleh langsung memperkuat Tim Nasional Sepak Bola.

Beberapa negara memanfaatkan juga jasa atlet naturalisasi demi menambah kekuatan Tim Nasional Sepak Bolanya saat menghadapi Piala Dunia 2022 nanti. Negara-negara tersebut adalah:

1. Senegal

Di tubuh skuad Senegal Piala Dunia 2022 banyak berisikan pemain naturalisasi 2022. Beberapa penggawa utama Juara Piala Afrika 2021 ini merupakan para pemain naturalisasi yang umumnya lahir di luar Senegal.


Sebagai contoh ada Edouard Mendy, Boulaye Dia, dan sang kapten, Kalidou Koulibaly, yang ternyata lahir di Prancis sebelum akhirnya memilih Senegal sebagai Tim Nasional yang akan mereka bela.

2. Maroko

Negara lainnya yang juga memanfaatkan jasa pemain naturalisasi adalah Maroko. Mayoritas pemain dalam skuad Maroko Piala Dunia 2022 saat ini adalah pemain naturalisasi yang lahir dan berkarier di Eropa.


Sebagai contoh ada Hakim Ziyech dan Noussair Mazraoui yang lahir di Belanda. Bahkan pemain bintangnya, Achraf Hakimi, merupakan pemain yang lahir di Spanyol.

3. Swiss

Dalam perjalanannya menembus Piala Dunia 2022, tim berjuluk Nati ini dibela delapan pemain naturalisasi.

Banyaknya pemain naturalisasi di Swiss sendiri tak lepas dari para imigran yang hijrah dan menetap di negara teraman di dunia itu.

Tercatat, banyak pemain keturunan negara lain yang berada di Skuad Swiss Piala Dunia 2022. Sebut saja Yvon Mvogo yang berasal dari Kamerun, Ricardo Rodriguez yang berasal dari ayah Spanyol dan ibu Chile.

4. Belgia

Beberapa pemain kunci di dalam skuad Belgia Piala Dunia 2022 merupakan pemain naturalisasi. Romelu Lukaku misalnya, adalah pemain yang meski lahir di Belgia, namun sejatinya memiliki darah Republik Kongo.

Begitu pula dengan Eden Hazard. Hazard merupakan pemain sepak bola keturunan Aljazair seperti Karim Benzema di Prancis. Meskipun begitu, sebagai pemain naturalisasi, dua pemain di atas dianggap kunci kemenangan tim di ajang Piala Dunia 2022 Qatar.

5. Prancis

Jika dulu ada nama Thierry Henry serta Zinedine Zidane di skuad Prancis yang merupakan pemain naturalisasi asal Afrika, kini mereka punya Kylian Mbappe, yang diklaim sebagai calon striker terbaik masa depan.

Mbappe adalah pemain keturunan Kamerun dan Aljazair yang memutuskan membela Prancis sejak kelompok U 17 di tahun 2014.

Meskipun ada pro dan kontra soal naturalisasi pemain sepak bola dalam sebuah Tim Nasional Sepak Bola tetapi sejatinya sah-sah saja bagi sebuah negara untuk menggunakan cara tersebut.

Terlebih, bagi negara dengan sepak bola yang sedang berkembang, seperti Indonesia misalnya, pengalaman pemain luar negeri yang ditarik untuk bermain di Timnas kemungkinan besar akan menambah kekuatan, mengingat level kompetisi sepak bola domestik yang mereka ikuti lebih tinggi.

Baca juga kabar seputar Piala Dunia menarik lainnya di rubrik Offside dan Bolastori SpeakBola.

Bicara bola, ya SpeakBola aja!