Gol Tercepat di Dunia dan Para Pemain Sepak Bola Pencetaknya

(speakbola.com) – Mohamed Salah baru saja mencatatkan rekor baru di dunia sebagai pencetak tri gol tercepat di UCL saat Liverpool menggulung Rangers dengan skor 1-7 di rumah mereka sendiri pada kamis dini hari (13/10/2022). Rekor dunia yang dicatatkan oleh Salah itu mengalahkan rekor sebelumnya milik Bafetimbi Gomis. Gomis mencetak rekor hattrick tercepat saat Lyon mengalahkan Dinamo Zagreb, 7 Desember 2011, di Liga Champions dalam waktu delapan menit.

Berbicara soal gol tercepat, tercatat ada beberapa nama-nama pemain yang juga punya rekor gol tercepat versi mereka masing-masing. Pada rubrik Offside kali ini SpeakBola akan menyuguhkan gol-gol tercepat di dunia dan para pemain pemegang rekor tersebut. Inilah daftarnya:

Gol Tercepat Liga 1 Indonesia

Rekor gol tercepat di Liga 1 Indonesia, yang saat ini bernama BRI Liga 1, dipegang oleh Pedro Javier Velazquez Insfran. Gol Pedro Javier dicetak saat laga baru berjalan 11,24 detik. Ketika itu, timnya Persija Jakarta menggulung PSAP Sigli dengan skor 5-1 pada Indonesia Super League (ISL) 2011-2012, 18 April 2012.

Rekor gol tercepat milik Pedro Javier masih bertahan dan tak kunjung terpecahkan hingga BRI Liga 1 2022 ditunda tanpa batas waktu, buntut dari tragedi Kanjuruhan, Arema vs Persebaya.

Pedro Javier memecahkan rekor pencetak gol tercepat sebelumnya, Saktiawan Sinaga. Sakti mencatatkan waktu 29 detik untuk mencetak gol di ajang ISL 2009-2010 , Persik Kediri kontra PKT Bontang, di Stadion Brawijaya, Kediri, 17 Oktober 2009.

Gol Tercepat di UCL

Bila Mohamed Salah tercatat sebagai pencetak hattrick tercepat di Liga Champions maka Roy Makaay lah orangnya pemain sepak bola yang tercatat sebagai pencetak gol tercepat di Liga Champios.

Mantan striker Timnas Belanda itu cuma butuh waktu 10 detik saja untuk membobol gawang Real Madrid saat ia masih bermain untuk Bayern Munich. Makaay memperdaya mantan bek Real Madrid Roberto Carlos untuk menerima umpan silang dari Hasan Salihamidzi dan mengkonfersinya menjadi gol tercepat Liga Champions sepanjang masa.

Rekor yang diciptakan Makaay kala Bayern mengalahkan Madrid dengan skor 2-1, di babak 16 besar Liga Champions musim 2006-2007 itu, hingga saat ini masih bertahan.

Gol Tercepat di di Dunia dari Premier League

Shane Long memecahkan rekor gol tercepat di Premier League milik Ledley King yang sudah bertahan selama 18 tahun dalam pertandingan antara Watford dan Southampton di Vicarage Road pada 23 April 2019.

Gol milik Shane Long secara resmi mencatatkan waktu 7,69 detik, lebih cepat dari rekor sebelumnya yang dicetak oleh Ledley King dalam 10 detik. Rekor gol tercepat dari bek yang saat itu masih berseragam Southamton Tottenham tak tergoyahkan hingga saat ini di Liga Inggris.

Gol Tercepat Liga Spanyol

Gol tercepat di dunia selanjutnya datang dari La Liga Spanyol saat Joseba Llorente mencetak gol bagi klubnya Real Valladolid pada 20 Januari 2008. Hanya dalam waktu 7,82 detik, Llorente berhasil membobol gawang Espanyol.

Catatan tersebut memecahkan rekor yang pernah dipegang oleh Dario Silva dari Uruguay, yang mencetak gol tercepat di Liga Spanyol dalam waktu 8 detik.

Setelah menjadi pencetak gol tercepat La Liga Spanyol sepanjang masa, Llorente kembali menambah 1 gol lagi di menit ke-34. Espanyol membalasnya lewat sundulan bek Marc Torrejon di menit ke-59. Namun skor 2-1 bagi kemenangan Valladolid tetap bertahan hingga laga usai.

Gol Tercepat Liga Italia Serie A

Penyerang asal Portugal, Rafael Leao, menjadi pencetak gol tercepat di Liga Italia Serie A. Leao mencatatkan rekor sebagai pencetak gol tercepat di Serie A saat ia membobol gawang Sassuolo pada 20 Desember 2020 lalu.

Gol Leao tercipta hanya berselang 6,2 detik dari wasit meniup peluit tanda pertandingan di mulai. Leao mengalahkan rekor gol tercepat dalam sejarah Serie A yang sebelumnya diukir oleh penyerang asal Italia, Paolo Poggi, pada 2 Desember 2001. Paolo Poggi yang ketika itu bermain untuk Piacenza berhasil membobol gawang Fiorentina saat laga baru berjalan 8,9 detik.

Gol Tercepat di Dunia Versi EURO

Rekor gol tercepat di ajang EURO atau Piala Eropa masih dipegang oleh pemain Rusia Dmitri Kirichenko. Rekor itu tercipta saat Rusia menang 2-1 atas Yunani pada laga penyisihan Grup A, 20 Juni 2004.

Saat itu, Kirichenko mencatatkan namanya sebagai pencetak gol tercepat EURO sepanjang masa kala pertandingan baru berjalan 1 menit 7 detik. Hingga saat ini, gol Kirichenko itu masih dinyatakan sebagai yang tercepat sepanjang sejarah Piala Eropa.

Namun sayangnya, walau berhasil menang dengan skor 2-1 atas Yunani, Rusia gagal melaju ke babak 16 besar. Mereka bercokol sebagai juru kunci grup setelah mengalami kekalahan pada dua laga pertama melawan Portugal dan Spanyol.

Gol Tercepat di Piala Dunia

Rekor gol tercepat di dunia yang satu ini lahir di pestanya sepak bola sejagat raya, Piala Dunia. Dan aktor dibalik terciptanya gol tercepat di Piala Dunia adalah striker legendaris Turki, Hakan Sukur.

Hakan Sukur menjadi pencetak gol tercepat sepanjang sejarah Piala Dunia dengan catatan resmi 11 detik. Momen itu terjadi dalam laga perebutan peringkat ketiga antara timnas Turki dan timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2002.

Terciptanya gol Sukur diawali oleh kesalahan kapten Timnas Korea Selatan, Hong Myung-bo, di wilayah pertahanan sendiri. Bola yang dikuasai Hong Myung-bo kemudian berhasil direbut oleh Ilhan Mansiz.

Secepat kilat, Mansiz langsung menyodorkan umpan kepada Sukur yang berada di dekatnya. Sukur lalu menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti kemudian melepaskan tembakan kaki kiri yang sukses mengoyak jala gawang tuan rumah Korea Selatan.

Gol Tercepat di Dunia

Sabtu, 7 November 2009, sebuah rekor dunia dicatatkan oleh seorang pemain bernama Nawaf Al Abed. Ia menjadi pemain yang mencetak gol tercepat di dunia sepanjang masa. Gol Nawaf Al Abed tercipta pada laga Prince Faisal bin Fahad Cup U-23. Saat itu timnya, Al-Hilal, berhadapan dengan Al-Shoalah di babak penyisihan grup.

Saat peluit panjang baru saja ditiup, tanpa basa-basi Al Abed langsung melepaskan tendangan kencang ke gawang Al-Shoalah. Kiper Al-Shoalah yang tidak dalam posisi tepat tak mampu berbuat apa-apa selain terdiam menyaksikan bola melaju tanpa permisi. Gol kilat Al Abed itu dicetak dalam tempo dua detik pas.

Sayangnya, gol Al Abed dianggap tak sah karena Al-Hilal melakukan tindakan indisiplliner. Kemenangan 4-0 Al Hilal pada laga itu dianulir karena setelah ditelisik ulang mereka terbukti memainkan pemain di luar umur 23 tahun. Oleh sebab itu, dalam catatan Guinness World Records, rekor gol tercepat di dunia diberikan kepada Ricardo Oliviera yang mencetak gol dalam waktu 2.8 detik sejak kick-off pertandingan dimulai.

Itulah mereka Speakers, para pemegang rekor gol tercepat di dunia. Gol ter cepat mana yang paling kalian suka?

Ikuti terus SpeakBola untuk mendapatkan berita terkini dan unik dari dunia sepak bola. Bicara bola ya SpeakBola aja!