5 Stadion Paling Angker di Dunia

(speakbola.com) – Label angker disematkan kepada sebuah stadion sepak bola biasanya karena stadion itu adalah markas dari sebuah klub yang kuat dan sulit dikalahkan, terutama di kandangnya sendiri. Atau lantaran megahnya stadion plus banyaknya suporter tim tuan rumah, yang bisa membuat ciut nyali tim yang sedang bertandang.

Namun tahukah Speakers sekalian, bahwa ada juga beberapa stadion sepak bola yang dilabeli angker karena kejadian-kejadian misteri yang sering terjadi di tempat itu?

Pada rubrik Offside kali ini, SpeakBola akan merangkumkan beberapa stadion paling angker di dunia sepak bola.

1. Stadium of Light, Inggris

Stadion sepak bola yang berkapasitas 49.000 orang ini merupakan stadion terbesar ke-9 di Inggris yang merupakan markas besar klub Sunderland A.F.C.

Penampakan sosok bayangan hitam misterius merupakan hal yang sering terjadi di koridor stadion. Seorang penonton bahkan pernah mengaku melihat petugas lapangan yang tiba-tiba saja menghilang amat cepat di stadion angker ini.

2. Ghazi Stadium, Afghanistan

Stadion ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Amanullah Khan pada tahun 1923, yang dianggap sebagai Ghazi (Pahlawan) atas kemenangan Afghanistan dalam Perang Anglo-Afghanistan Ketiga dan memperoleh kemerdekaan bagi bangsanya setelah Perjanjian Anglo-Afghanistan tahun 1919.

Stadion yang berkapasitas 25.000 orang itu dahulu kerap digunakan sebagai tempat eksekusi mati bagi para narapidana. Meskipun saat ini hal itu tidak dilakukan lagi tetapi banyak klub yang enggan berkegiatan di salah satu stadion paling angker di dunia ini, terutama setelah matahari tenggelam.

3. Stadion Highbury, Inggris

Sebelum memiliki Emirates Stadium, Highbury adalah markas besar klub Arsenal sejak 6 September 1913 hingga 7 May 2006.

Stadion sepak bola yang dapat menampung hingga 73.000 penonton itu dianggap angker karena misteri yang terjadi di sana. Di stadion angker itu, banyak orang yang mengaku melihat penampakan sosok mirip Herbert Chapman, manajer The Gunners di era 1920-1934.

Di bawah asuhannya, Arsenal menjadi tim yang dominan di tahun 1930-an. Mereka memenangkan lima gelar Liga dan dua Piala FA dalam satu dekade. Chapman meninggal di usia 55 tahun karena penyakit pneumonia.

4. Estadio do Dragao, Portugal

Estadio do Dragao merupakan stadion milik klub F.C Porto. Stadion ini terkenal angker karena banyak penonton mengaku pernah melihat sosok seperti wanita tua berbaju hitam lusuh.

Pada gelaran Liga Champion 2012, saat FC Porto berhadapan dengan PSG di kandangnya, kejadian misteri di dunia sepak bola itu tertangkap oleh sorotan kamera. Sosok misterius itu duduk di antara penonton yang sedang menonton laga.

5. Stadion Benteng, Tangerang

Sebelum direnovasi besar-besaran pada 2021, stadion Benteng, yang merupakan markas besar untuk dua klub, yaitu Persikota Tangerang dan Persita Tangerang ini cukup dikenal sebagai salah satu stadion paling angker di Indonesia.

Keangkeran Stadion Benteng mencuat lantaran banyak kesaksian yang sering melihat sosok hantu wanita berkeliling di stadion ini. Cerita mistis soal keangkeran stadion sepak bola Benteng diperparah dengan kondisinya yang tidak terurus saat itu.

Meski begitu, wajah stadion benteng kini sudah berubah 180 derajat setelah renovasi yang dilakukan oleh pemerintah Tangerang.

Itulah dia beberapa stadion paling angker di dunia sepak bola. Menurut Speakers mana yang paling menyeramkan?

Ikuti terus Speakbola untuk dapat kabar terkini dan unik dari dunia sepak bola. Bicara bola ya Speakbola aja!