5 Gol Terbaik Piala Dunia Nominasi Puskas Award

(speakbola.com) – Piala Dunia adalah turnamen sepak bola paling bergengsi, pestanya sepak Bola. Para pemain terbaik dari seluruh dunia berkumpul menjadi satu dalam sebuah kompetisi untuk bersaing demi kebanggaan negara mereka masing-masing. Hal itu menyebabkan Piala Dunia tidak pernah kekurangan aksi-aksi terbaik dari para pemain untuk mencetak gol.

Sebagai penghargaan terhadap sebuah gol yang tercipta dari aksi indah pemain, FIFA pada 20 Oktober 2009 membuat sebuah penghargaan bernama Puskas Award. Penghargaan ini diberikan kepada pesepak bola yang mencetak gol terbaik dalam satu musim tertentu.

Tak jarang gol-gol yang tercipta dalam ajang Piala Dunia masuk ke dalam nominasi Puskas Award. Bahkan, ada yang sampai dianugrahi penghargaan ini.

Pada rubrik Offside kali ini, SpeakBola akan membawa Speakers sekalian bernostalgia ke gol-gol terbaik yang pernah tercipta di Piala Dunia yang masuk nominasi atau bahkan dianugrahi Puskas Award.

5. Denis Cheryshev: Gol di Piala Dunia 2018 (Rusia VS Kroasia)

Pemain Rusia ini masuk dalam nominasi Puskas Award tahun 2018 berkat gol indah yang Ia ciptakan ke gawang Kroasia.

Berlaga di depan pendukungnya, Cheryshev melepaskan tembakan kaki kiri sejauh 23 meter ke sudut atas gawang Kroasia di menit ke-31. Gol cantiknya itu pun masuk sebagai nominasi Puskas Award tahun 2018 yang dimenangkan oleh Mohamed Salah.

Meskipun demikian, Rusia tetap tersingkir dalam pertandingan itu lewat drama adu penalti 4-3 melalui adu penalti setelah kedua negara bermain imbang 2-2 sampai perpanjangan waktu.

4. Tim Cahill: Gol di Piala Dunia 2014 (Australia VS Belanda)

“Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana rasanya mencetak gol itu – itu seperti pengalaman keluar dari tubuh,” – Tim Cahill

Seperti itulah Tim Cahill menggambarkan pengalaman yang dirasakan kepada majalah FourFourTwo saat ia mencetak gol cantiknya ke gawang Belanda di Piala Dunia 2014 Brazil.

Hanya satu menit setelah Arjen Robben memecah kebuntuan di Porto Alegre, pemain nomor 4 Australia itu membiarkan umpan dari sebelah kanan melayang melewati bahu kirinya kemudian melepaskan tendangan voli ke gawang Jasper Cillessen menggunakan kaki kirinya.

Gol tersebut dinominasikan untuk Penghargaan Puskas FIFA tahun itu. Sayangnya penghargaan itu jatuh ke tangan James Rodriguez dari Kolombia atas tendangan volinya yang mengejutkan di Brasil 2014.

3. Giovanni van Bronckhorst: Gol di Piala Dunia 2010 (Belanda VS Uruguay)

Pemain Timnas Belanda berdarah Indonesia ini mencetak gol spektakuler di Piala Dunia 2010. Dengan kaki kirinya, ia melepaskan tendangan jarak jauh yang akurat ke gawang Uruguay.

Bola meluncur deras ke pojok kiri atas gawang Uruguay. Fernando Muslera, kiper Uruguay, sudah semaksimal mungkin menjangkau, namun laju bolanya begitu deras.

Gol indah kapten Timnas Belanda ini selain membuka kemenangan 3-2 Belanda atas Uruguay juga terpilih sebagai nominasi Puskas Award di tahun 2010.

2. Robin van Persie: Gol di Piala Dunia 2014 (Belanda VS Spanyol)

Sundulan Robin Van Persie saat laga Belanda melawan juara bertahan Spanyol di babak penyisihan grup Piala Dunia FIFA 2014 adalah gol yang masih segar dalam ingatan banyak orang. Gol itu adalah gol sundulan terbaik yang terjadi di Piala Dunia 2014, yang membuat Iker Casillas tak berkutik.

Aksi spektakuler Van Persie mengeksekusi umpan Daley Blind dengan tandukan terbangnya itu membuatnya mendapat julukan ‘The Flying Dutchman’. Gol ikonik itu menjadi finalis Puskas Award 2014.

1. James Rodriguez: Gol di Piala Dunia 2014 (Kolombia VS Uruguay)

James Rodriguez dianugerahi Puskas Award tahun 2014 atas gol terbaik yang dicetaknya di Piala Dunia 2014 saat Kolombia berhadapan dengan Uruguay di babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Rodriguez mendapat 42 persen suara, mengalahkan runner-up pesepakbola wanita Stephanie Roche (33 persen) dan striker Belanda Robin van Persie (11 persen).

James mencetak gol pemenang penghargaan dengan tendangan volinya. Setelah ia menerima umpan dari Abel Aguilar, James menguasai bola dengan dada dan melepaskan tembakan meriam ke gawang Uruguay. Bola keras dan cepat membentur mistar terlebih dahulu sebelum memantul ke gawang.

Piala Dunia akan bergulis sebentar lagi. Apakah di edisi 2022 ini akan ada lagi gol-gol terbaik Piala Dunia yang masuk nominasi Puskas Award? Layak dinanti!

Baca artikel Offside lainnya untuk mendapatkan kabar terkini dan unik dari dunia sepak bola. Bicara bola ya speakbola aja!